Musi Banyuasin dukung pelestarian wayang kulit

id musi banyuasin, muba, pemkab muba, wayang kulit, sekda muba, sohan majid

Musi Banyuasin dukung pelestarian wayang kulit

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Evan Ervani)

....Kami berupaya memberikan perhatian kepada masyarakat yang berupaya melakukan pelestarian seni budaya daerah termasuk wayang kulit....
Musi Banyuasin, Sumsel, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mendukung usaha pelestarian wayang kulit yang digalakkan penduduk keturunan Jawa yang ada di daerah setempat.

"Kami berupaya memberikan perhatian kepada masyarakat yang berupaya melakukan pelestarian seni budaya daerah termasuk wayang kulit," kata Sekda Musi Banyuasin Sohan Majid, di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan, untuk memotivasi masyarakat aktif melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan melestarikan seni budaya, pejabat Pemkab Musi Banyuasin selalu menyempatkan diri menghadiri pagelaran seni budaya yang digelar masyarakat di tingkat desa dan kecamatan.

Setiap ada undangan pentas wayang kulit dan pagelaran seni budaya, jajaran pemerintah daerah selalu hadir memenuhi undangan dan menikmati hiburan yang disuguhkan masyarakat, katanya.

Menurut dia, pagelaran wayang kulit merupakan salah satu kegiatan seni budaya yang rutin digelar secara bergilir di wilayah kecamatan hingga pelosok desa.

Kehadiran pejabat dalam setiap digelarnya pentas seni budaya itu merupakan wujud apresiasi Pemkab Musi Banyuaisn kepada masyarakat Jawa yang telah berdomisili di kabupaten ini berbaur bersama masyarakat asli membangun daerah.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan selain dapat menjaga kelestarian seni dan budaya tradisional bangsa Indonesia, juga mempererat persatuan antarmasyarakat asli Bumi Serasan Sekate ini dengan perantau seperti dari Jawa, ujar dia.