Empat cabang olahraga digeser ke Jakarta

id cabang olahraga, asian games, soft ball, base ball, asian games 2018, wakil ketua koi, muddai madang

Empat cabang olahraga digeser ke Jakarta

Ilustrasi - Sejumlah atlet pencak silat menghadiri peluncurkan logo dan maskot Asian Games Jakarta - Palembang 2018 di Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

....Pemindahan ini dilatari pertimbangan jumlah penonton, mengingat di Palembang belum terdapat komunitas yang cukup kuat untuk keempat cabang olahraga tersebut....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Muddai Madang mengatakan empat cabang olahraga yang sebelumnya diproyeksikan di Palembang yakni sofbal dan baseball, rugby, kriket, serta bola tangan akan digeser ke Jakarta.

"Pemindahan ini dilatari pertimbangan jumlah penonton, mengingat di Palembang belum terdapat komunitas yang cukup kuat untuk keempat cabang olahraga tersebut," kata Muddai, di Palembang, Selasa.

Ia melanjutkan, kondisi ini dikhawatirkan membuat pertandingan menjadi sepi penonton sehingga berimbas pada keengganan kalangan swasta untuk menjadi sponsor.

Padahal, di sisi lain pemerintah berharap Asian Games minim dalam penggunaan APBN atau mengoptimalkan dana dari pihak swasta.

Selain itu, OCA dan KOI juga mengkhawatirkan arena yang dibangun dengan dana miliaran rupiah itu tidak sebanding dengan minat yang diberikan warga Palembang pada masa mendatang.

"Seperti kriket, jika di Palembang, siapa yang akan main ? Maka lebih baik di Jakarta saja, demikian juga dengan rugby, bola tangan, sofbal dan baseball," tutur dia.

Ia melanjutkan, sementara ini Sumsel telah memastikan untuk menjadi penyelenggara delapan cabang olahraga yakni kano, dayung, menembak, bridge, triatlon, voli pantai, sepak bola, pentathlon dan bola basket. Selain itu, terdapat juga beberapa cabang olahraga yang diproyeksikan yakni tenis meja, dan sepak takraw.

"Pada prinsipnya, terkait pembagian cabang olahraga ini masih belum final, atau masih dinamis karena OCA mau melihat kondisi terakhir dan kota mana yang paling siap," ujar Muddai.

Asian Games di Indonesia diselenggarakan di dua kota yakni Palembang dan Jakarta dengan mempertandingkan 36 cabang olahraga, terdiri atas 28 cabang olahraga olimpiade, dan 8 cabang olahraga nonolimpiade.

Terkait dengan pembagian cabang olahraga ini, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengharapkan kepastian agar maksimal dalam persiapan.

"Jika bisa cepat, misalkan, dipercaya gelar atletik tentunya Sumsel akan menyiapkannya. Tapi jika tidak jadi, artinya benahi arena lain," ucap Alex yang berharap dipercaya menggelar cabang olahraga bergengsi seperti atletik, tenis lapangan, dan renang.