Jembatan Ampera dijadikan pusat kuliner Gerhana Matahari

id ampera, jembatan ampera

Jembatan Ampera dijadikan pusat kuliner Gerhana Matahari

Foto udara Jembatan Ampera (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Jembatan Ampera Palembang bakal dijadikan tempat dan pusat kuliner khas daerah saat menyambut gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

"Nantinya jembatan kebanggaan masyarakat Sumsel itu akan ditutup sementara karena dijadikan tempat melihat gerhana matahari total," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Rabu.

Ia menjelaskan saat jembatan tersebut ditutup, maka berbagai makanan yang ada di daerah setempat akan ada di jembatan yang melintang di atas Sungai Musi itu.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, termasuk para pedagang, dalam menyambut kehadiran fenomena alam itu.

"Semua sudah siap, termasuk pedagang dalam menyukseskan kehadiran gerhana matahari total tersebut," katanya.

Nantinya, kata dia, pengunjung yang akan menyaksikan gerhana matahari total dapat menikmati berbagai menu makanan khas daerah yang tersedia di jembatan itu.

Dia mengatakan dalam menyambut gerhana matahari total tersebut, jembatan akan ditutup mulai pukul 24.00 WIB hingga 12.00 WIB.

"Jadi saat tutup tersebut maka pengunjung dapat menikmati berbagai makanan khas daerah," kata dia.

Gerhana akan terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, sedangkan sebelum waktu itu tiba, pengunjung bisa santap pagi bersama.

Ketika ditanya target pengunjung untuk menyaksikan gerhana tersebut, dia tidak menyebutkan jumlah yang pasti, tetapi ditargetkan sebanyak mungkin.

"Wisatawan ditargetkan sebanyak mungkin dan kami telah dan terus melakukan sosialisasi bahwa gerhana matahari dapat dilihat di Kota Palembang," kata dia.

Selain itu, pihaknya telah bekerja sama dengan PHRI dan biro perjalanan wisata terkait dengan kesempatan menyaksikan gerhana matahari yang hanya terjadi puluhan bahkan 100 tahun sekali itu.

"Gerhana matahari memang akan dijadikan objek wisata sehingga kami mempersiapkan diri," kata dia.