Harga CPO Sumsel naik tipis

id minyak sawit, minyak sawit mentah, cpo, sawit, sumsel, sawit

Harga CPO Sumsel naik tipis

Ilustrasi - Seorang pekerja memuat bongkahan kelapa sawit keatas mobil truck di pinggir jln raya Palembang-Prabumulih, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/Den)

....Harga jual minyak sawit mentah (CPO) di Sumsel memang sejak awal hingga minggu ketiga Januari 2016 ada kenaikan....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Harga minyak sawit mentah di Sumatera Selatan, Senin, tercatat Rp6.087 per kilogram atau naik tipis dibandingkan harga dua pekan sebelumnya kisaran Rp6.045/kg.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Sumatera Selatan Benyamin di Palembang, Senin, mengatakan bahwa harga jual minyak sawit mentah (CPO) di Sumsel memang sejak awal hingga minggu ketiga Januari 2016 ada kenaikan.

Ia menjelaskan, harga CPO tersebut naik di samping ditentukan hasil rapat bersama antara pihak terkait, juga akibat pengaruh pasaran di luar negeri yang cenderung membaik.

Pada rapat rutin itu, kata dia, selain CPO juga ditetapkan harga buah sawit dalam bentuk tandan buah segar (TBS) terjadi kenaikan dibandingkan kondisi dua pekan sebelumnya.

Harga TBS kini ditetapkan Rp1.116,00/kg, juga naik tipis dibanding dengan harga dua pekan sebelumnya kisaran Rp1.105,00/kg.

Sementara itu, sejumlah petani seperti dari Kabupaten Musi Banyuasin dan petani Kabupaten Ogan Ilir mengatakan bahwa kondisi harga buah sawit memasuki minggu ketiga Januari 2016 ini memang mulai naik.

"Kami sebagai petani tetap sangat mengharapkan harga buah sawit dan karet semakin membaik, karena kedua komoditas tersebut merupakan andalan penghasilan penduduk setempat," M. Yamin, petani asal Kabupaten Musibanyuasin ketika dihubungi di Palembang sehari sebelumnya.

Menurut petani yang juga berprofesi sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Dinas Pendidikan Nasional setempat ini, di daerahnya Musibanyuasin sebagian pesar penduduknya mengandalkan dari hasil bertani tanaman kelapa sawit dan karet.

"Jadi kalau harga kedua komoditas itu terus naik, maka penghasilan para petani akan lebih membaik lagi, terutama meringankan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," katanya.