Kemenhub berlakukan status kuning seluruh bandara

id kemenhub berlakukan status kuning seluruh bandara, pesawat, bandara, bandar udara, bandara tingkatkan pengamanan, pengamanan ketat

Kemenhub berlakukan status kuning seluruh bandara

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Kemenhub masih tetap memberlakukan peningkatan keamanan bandara di seluruh Indonesia dalam status kuning. Artinya pada masing-masing bandara dilakukan pemeriksaan yang ketat...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kementerian Perhubungan memberlakukan status kuning terhadap seluruh bandara di Indonesia menyusul kejadian pengeboman di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis siang tadi.
       
"Kemenhub masih tetap memberlakukan peningkatan keamanan bandara di seluruh Indonesia dalam status kuning. Artinya pada masing-masing bandara dilakukan pemeriksaan yang ketat," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub JA Barata di Jakarta, Kamis.
       
Barata menjelaskan pengamanan yang diperketat, di antaranya orang yang diizinkan berada di sisi udara dilakukan secara sangat terbatas atau terseleksi.
       
Dia menambahkan penjagaan dan pengawasannya dilakukan secara lebih dari biasanya.
       
"Bisa penambahan jumlah aparatnya atau frekuensi pengawasnya dua kali dari biasanya. Mulai dari masuk area bandara, tempat parkir, maupun ketika masuk terminal," tuturnya.
       
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah menginstruksikan kepada jajaranya serta operator untuk memperketat pengamanan seluruh fasilitas transportasi publik terkait tragedi pengeboman pos polisi Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
       
Dia mengatakan transportasi publik seperti terminal, bandara, pelabuhan, dan stasiun kereta api adalah instalasi vital, sekaligus tempat berkumpul banyak orang.
       
Termasuk tempat kejadian pengeboman di Jalan MH Thamrin yang dilintasi oleh transportasi publik.
       
"Oleh karena itu, harus dipastikan keamanannya dari ancaman apapun, terutama ancaman teror yang selalu menyasar tempat-tempat konsentrasi massa," ujarnya.
      
Terjadi baku tembak terjadi di depan Sarinah setelah suara ledakan ketiga terjadi. Pos polisi yang ada di perempatan Sarinah  hancur, selanjutnya terjadi enam ledakan.
       
Saat ini, dilaporkan tujuh tewas, yakni diduga tiga pelaku serangan, dua pelaku bunuh diri, dua korban sipil tewas seorang di antaranya warga asing.