Bandara Silampari dapat anggaran Rp160 miliar

id bandara silampari, bandara lubuklinggau, kementerian perhubungan, anggaran

Bandara Silampari dapat anggaran Rp160 miliar

Bandara Silampari Lubuklinggau (FOTO ANTARA)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Pengembangan Bandar Udara Silampari di Lubuklinggau, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan mendapat dana dari Kementerian Perhubungan sebesar Rp160 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musirawas Ari Narsa, di Musirawas, Kamis mengatakan alokasi anggaran itu diberikan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat berkunjung ke Bandar Udara Silampari beberapa hari lalu.

Ia mengatakan pada rapat tertutup saat itu Menhub langsung memberikan anggaran untuk pengembangan Bandara Silampari yang saat ini masih dikelola oleh Kementerian Perhubungan.

Dana sebesar itu akan digunakan untuk pembangunan dan pengembangan sisi udara dan sisi darat Bandara Silampari.

Pengerjaan penambahan itu antara lain renovasi terminal, penebalan dan pelebaran landasan pacu (runway), kelengkapan tower, apron, termasuk pelebaran jalan dari lampu merah menuju bandara dan akan dibuat dua jalur.

Landasan pacu akan dilebarkan dari 30 meter jadi 45 meter, kemudian anggaran tersebut juga akan digunakan untuk pembebasan lahan.

"Intinya dana bantuan dari APBN itu, untuk pembangunan dan pengembangan sisi udara dan sisi darat Bandara Silampari," katanya.

Bandara itu juga diusulkan kemungkinan perpanjangan landasan pacu unway dari 2.200 meter jadi 2.500 meter sehingga dapat dilandasi secara rutin pesawat sekelas Boeing 737-900.

Maskapai yang menggunakan bandara itu adalah Nam Air dua kali penerbangan sehari, ujarnya.