Sumsel minta 100 ton beras cadangan bencana

id beras, pemrov sumsel, kementerian sosial, antisipasi bencana, bencana alam

Sumsel minta 100 ton beras cadangan bencana

Ilustrasi - Gudang beras (FOTO ANTARA)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meminta 100 ton beras kepada Kementerian Sosial untuk cadangan bila terjadi bencana di daerah ini.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Sumsel Belman Karmuda di Palembang, Senin, memandang perlu perlu ada cadangan beras, terutama pada musim hujan sekarang ini yang rawan terjadi banjir dan longsor.

"Cadangan beras masih tersisa sekitar 15 ton lagi sehingga perlu ditambah. Apalagi, cadangan di setiap provinsi harus selalu tersedia sehingga permintaan tambahan stok itu hal yang wajar," katanya.

Setiap daerah, lanjut dia, harus membantu bila terjadi bencana, terutama bila ada korban, baik harta maupun jiwa. Misalnya, bila ada rumah yang rusak dan jumlahnya di bawah sepuluh unit, kabupaten yang membantu.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumsel akan membantu bila ada rumah rusak di atas tersebut, termasuk Kementerian Sosial.

Mengenai bantuan rumah tersebut diberikan dalam bentuk bahan bangunan yang disesuaikan dengan tingkat kerusakan.

Sehubungan dengan itu, kata dia, cadangan harus selalu tersedia, termasuk beras, apalagi saat musim hujan sekarang ini karena rawan banjir dan longsor.