Korban luapan Sungai Lematang peroleh bantuan sembako

id sembako, bantuan sembako

Korban luapan Sungai Lematang peroleh bantuan sembako

Luapan Sungai Lematang ambrukan dua rumah warga (Foto antarasumsel.com/Banu S)

Penukal Abab, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Warga yang pada Minggu petang rumahnya ambruk diterjang banjir Sungai Lematang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, menerima bantuan sembilan bahan pokok dari Dinas Sosial setempat.

"Sekarang sudah ada bantuan sembako dari Dinas Sosial Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir," kata Idrus, salah satu korban dari dua rumah ambruk diterjang luapan Sungai Lematang di Penukal Abab, Kamis.

Menurut Idrus, bantuan dari Dinas Sosial Pali berupa sembako dan selimut itu disampaikan melalui petugas taruna siaga (tagana) setempat dan evakuasi oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Selain makanan, kami juga membutuhkan bantuan material untuk membangun kembali rumah yang ambruk," katanya.

Kepala BPBD setempat, Rusman Firman yang mengunjungi lokasi robohnya rumah warga tersebut menyatakan petugasnya langsung ke lokasi begitu mendengar ada bencana alam untuk segera memberi bantuan dan evakuasi.

"Kami selalu siaga 24 jam dengan menyiapkan petugas dan perahu karet untuk antisipasi bencana yang selalu timbul ketika musim hujan, dan begitu ada laporan kami langsung ke lokasi" katanya

Namun, kata dia, BPBD hanya bertugas mengevakuasi korban, masalah yang menangani bantuan dikembalikan ke Pemkab Pali melalui Dinas Sosial setempat.

"Tugas kita menyelamatkan manusianya atau mengevakuasi korban, untuk bantuan logistik itu menjadi tanggungjawab Dinsos setempat," katanya.

Sungai Lematang meluap akibat tingginya curah hujan, dan merobohkan dua rumah warga sekaligus, yaitu kediaman Usman (40) dan rumah Idrus (45).