Legislator: masyarakat agar jeli pilih travel umroh

id dprd, dprd sumsel

Legislator: masyarakat agar jeli pilih travel umroh

Anggota DPRD Sumsel Rizal Kenedi (Foto: antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan mengimbau kepada masyarakat agar jeli dalam memilih biro perjalanan atau travel umroh dan haji plus supaya tidak tertipu.

"Masyarakat harus jeli melihat travel umroh itu mengenai izinnya dan lainnya sebelum mendaftar," kata Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan Rizal Kenedi saat ditanya mengenai adanya puluhan jamaah dari kabupaten di provinsi tersebut batal berangkat umroh ke Tanah Suci di Palembang, Rabu.

Menurut dia, dirinya turut prihatin terhadap para jamaah umroh yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci untuk ibadah tersebut.

Dengan kejadian itu harus dilihat benang merahnya, apakah visanya tidak keluar atau karena hal-hal lain, katanya.

Ia menuturkan, untuk mengeluarkan visa itu, di Arab Saudi harus jelas mengenai penginapan di sana, kemudian mengenai makan minumnya dan lain-lain.

Ia mengakui, sekarang ini yang melaksanakan ibadah umroh cukup ramai, karena kalau mau menunaikan ibadah haji daftar tunggunya sekian tahun baru bisa berangkat ke Tanah Suci.

Karena itu, orang berbondong-bondong untuk melaksanakan ibadah umroh, ujar wakil rakyat tersebut.

Sehubungan dengan hal itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang mau umroh harus melihat travelnya, jangan tergiur dengan biaya lebih murah.

Ia menuturkan, untuk umroh itu ada paket-paketnya, kemudian fasilitas penginapan ada yang bintang satu, dua, tiga, empat, lima, kemudian jarak pemondokan dan lainnya sehingga biayanya berbeda-beda.

Jadi, harus jeli melihat travel mengenai izinnya, lisensinya dan lainnya sebelum mendaftar supaya tidak tertipu, katanya.