Legislator: pemerintah cepat tanggap terkait kenaikan sembako

id dprd sumsel, pemprov sumsel, sembako, sembilan bahan pokok, bahan pokok, cabai

Legislator: pemerintah cepat tanggap terkait kenaikan sembako

Ilustrasi - Penjual sayuran tengah menyusun dagangannya di Pasar 26 Ilir Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan berharap pemerintah agar cepat tanggap, terkait dengan kondisi kenaikan harga sembilan bahan pokok yang terjadi sekarang ini.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan Budiarto Marsul menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako) di Palembang, Senin.

Menurut dia, kalau kenaikan harga cabai kemungkinan karena faktor cuaca dan masyarakat mulai menanam komoditas itu, mudah-mudahan bisa menekan harga di pasaran.

"Kalau harga ikan khususnya ikan laut luar biasa kenaikannya, kita juga tidak mengetahui penyebabnya," katanya.

Wakil rakyat itu menuturkan, kalau dirinya tidak mengetahui penyebab kenaikan harga ikan itu, apakah di tingkat nelayan.

Karena itu, ia berharap, pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan kondisi masyarakat dengan turun langsung ke lapangan, salah satunya dengan menggelar operasi pasar atau pasar murah.

"Kita belum tahu penyebab dari kenaikan harga kebutuhan pokok, karena itu kita berharap pemerintah segera menindaklanjuti kondisi ini," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Palembang, Linda menyatakan, kalau harga cabai di pasaran sekarang ini sekitar Rp55 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram.

"Harga cabainya naik, sementara kita selalu menggunakannya untuk membuat sambal dan cuka pempek," katanya.