Pelindo Palembang segera terapkan sistem pelayanan baru

id pt pelindo ii, pelabuhan boom baru, pelabuhan, peti kemas, Sebulon Butarbutar

Pelindo Palembang segera terapkan sistem pelayanan baru

Ilustrasi - Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

....Sistem pelayanan baru dengan menerapkan Terminal Operation Sistem/TOS Opus yang telah disosialisasikan kepada mitra pengguna jasa kepelabuhan sejak Oktober 2015 itu mulai diterapkan awal Januari 2016....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang yang mengelola Pelabuhan Boombaru segera menerapkan sistem baru pelayanan jasa bongkar muat barang.

"Sistem pelayanan baru dengan menerapkan Terminal Operation Sistem/TOS Opus yang telah disosialisasikan kepada mitra pengguna jasa kepelabuhan sejak Oktober 2015 itu mulai diterapkan awal Januari 2016," kata General Manager PT Pelindo II Cabang Palembang Sebulon Butarbutar, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan pelabuhan tersebut yang aktivitas bongkar muatnya akhir-akhr ini trennya mengalami peningkatan.

Pelabuhan di Sungai Musi ini masih cukup tinggi aktivitas bongkar muatnya, agar tetap berfungsi secara maksimal melakukan pelayanan bongkar muat barang dari dalam maupun luar negeri perlu dilakukan beberapa pembenahan dan perubahan sistem menyesuaikan perkembangan teknologi. 

Dengan melakukan pembenahan dan perubahan sistem diharapkan pelayanan jasa kepelabuhan di Palembang ini dapat berjalan dengan baik dan efisien, katanya.

Dia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, Pelabuhan Boom Baru mengalami peningkatan aktivitas bongkar muat, jika tidak diimbangi dengan pembenahan dapat menghambat arus barang yang masuk dan keluar dari wilayah Provinsi Sumatera Selatan. 

Untuk membenahi pelabuhan tersebut, sekarang ini sedang disiapkan beberapa proyek lanjutan seperti perluasan dermaga, penataan dan relokasi perkantoran di areal pelabuhan, pembangunan pergudangan baru, dan pergantian peralatan bongkar muat.

Kegiatan perluasan dermaga dan pembangunan pergudangan baru secara bertahap telah berjalan dengan baik karena beberapa perkantoran milik mitra PT Pelindo yang ada di dalam areal pelabuhan telah berhasil direlokasi.

Melalui berbagai upaya peningkatan pelayanan tersebut, diharapkan pelabuhan Boom Baru bisa tetap diandalkan masyarakat Sumsel sebagai pintu gerbang keluarnya hasil bumi mereka dan masuknya berbagai barang kebutuhan hidup sehari-hari, ujarnya.