Pendapatan pajak kendaraan bermotor Sumsel meningkat

id pajak, pembayar pajak, pajak kendaraan, mobil, kadispenda sumsel, muslim

Pendapatan pajak kendaraan bermotor Sumsel meningkat

Ilustrasi - Petugas bagian cek fisik kendaraan melakukan pengecekan nomer mesin di Kantor Samsat Ditlantas Polda Sumsel Palembang,. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

....Hingga 21 Desember lalu pendapatan sudah mencapai Rp765 dari target Rp775 miliar dan meningkat dibanding tahun sebelumnya....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Pendapatan Daerah Sumatera Selatan Muslim mengatakan, realisasi pendapatan pajak kendaraan bermotor mengalami peningkatan dibangdingkan periode yang sama tahun lalu.

Hingga 21 Desember lalu pendapatan sudah mencapai Rp765 dari target Rp775 miliar dan meningkat dibanding tahun sebelumnya, kata dia di Palembang, Senin.

Untuk angka pastinya pajak kendaraan bermotor 2014 dirinya tidak menyebutkan secara rinci tetapi pada priode yang sama kurang dari realisasi 2015.

Yang jelas 2015 ini pajak kendaraan bermotor mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, kata dia.

Dia mengatakan, peningkatan tersebut terjadi karena pihaknya terus menggedor para wajib pajak agar taat membayar pajak salah satunya dengan cara melakukan razia dan penerapan beberapa inovasi. 

Selain itu, meningkatkan pelayanan terhadap wajib pajak sehingga mereka mudah dalam melunasi kewajibannya, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari realisasi tersebut bila dirinci dari kabupaten dan kota ternyata ada yang sudah melampaui target seperti Lahat sudah mencapai Rp27 miliar dari target Rp26 miliar.

Namun, kabupaten yang belum mencapai target realisasi dari pajak kendaraan bermotor itu seperti Musirawas karena baru Rp19 miliar dari target Rp20 miliar.

Sementara untuk kota Palembang sendiri realisasinya baru mencapai 98,98 persen atau sekitar Rp356 miliar dari total target Rp360 miliar, ujar dia.

Dia berharap pada 2016 realisasi PKB meningkat lagi mengingat hampir 200 ribu pertumbuhan kendaraan tiap tahunnya, tambah dia.