Jalan Desa Muara Ikan Sumsel terancam putus

id jalan, jalan rusak

Jalan Desa Muara Ikan Sumsel terancam putus

Jalan rusak karena sering dilintasi truk sarat muatan (Foto Antarasumsel.com/15/E Purmana)

Penukal Abab, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Akses jalan menuju Desa Muara Ikan Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan terancam putus, akibat gorong-gorong saluran air ambles.

Informasi dari warga setempat, Jumat, pada awalnya gorong-gorong tersebut hanya mengalami retak dan berlubang, namun jalur ini selalu dilewati kendaraan bertonase berat.

Sementara, kondisi gorong-gorong yang tak mampu menahan tonase yang berlebihan, mengakibatkan ambles, sehingga akses jalan itu menjadi terputus.

Menurut Nesta (35) warga Desa Muara Ikan bahwa banyak mobil truk bermuatan karet sering terperosok di gorong-gorong tersebut, sehingga ketika melitas harus berhati-hati agar tidak termasuk di lubang.

Kepala Desa (Kades) Muara Ikan, Fauzi Ahmad menegaskan pihaknya sudah berulang kali menyampaikan kerusakan gorong-gorong tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

"Sayangya hingga saat ini gorong-gorong belum juga dibangun atau diperbaiki," kata Fauzi.

Sementara, kata dia, setengah APBD Pali tahun 2016 sebesar Rp400 miliar untuk pembangunan infrastruktur, tapi ketika dicek di DPUBM untuk perbaikan gorong-gorong amblas itu belum masuk dianggarkan pemerintah.

Ditambahkan Fauzi, sejak ambruk gorong-gorong pada 8 Desember 2015, warga setempat secara swadaya membenahi gorong-gorong tersebut seadanya agar bisa dilintasi kendaraan.

Menurut dia, jalan tersebut merupakan urat nadi penghubung akses desa ke kota kabupaten untuk mengangkut hasil bumi melalui jalan darat.

Warga berharap, Pemerintah Kabupaten Pali melalui Dinas Pekerjaan Umum setempat, segera memperbaiki gorong-gorong ini, karena kondisinya hanya dibetulkan untuk sementara saja.