Legislator: pemerintah turunkan harga BBM

id bbm, penurunan harga bbm

Legislator: pemerintah turunkan harga BBM

SPBU (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Keputusan Pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi merupakan kado Tahun Baru 2016 yang indah bagi rakyat Indonesia, kata anggota Komisi XI DPR RI Mukhammad Misbakhun di Jakarta, Rabu.

Menurut Misbakhun, keputusan Presiden Joko Widodo ini patut diapresiasi karena membutuhkan keberanian mengambil keputusan yang memiliki dampak luas.

"Saya mengapresiasi langkah Pemerintah yang telah mengumumkan penurunan harga BBM bersubsidi. Ini sebuah politik  berani yang berpihak pada rakyat kecil," katanya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, penurunan harga BBM bersubsidi jenis premium dan solar adalah bentuk kepedulian Pemerintah terhadap harapan rakyat.

Menurut dia, pemerintah telah mengambil kebijakan tepat dengan menurunkan harga BBM bersubsidi.

Keputusan ini, kata dia, akan mendorong daya beli masyarakat sehingga meningkatkan output sektor produksi. "Secara makro mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Misbakhun menegaskan, keputusan pemerintah juga sejalan dengan masukan dan saran dari Partai Golkar bahwa sudah saatnya harga premium diturunkan menyusul menurunnya harga minyak di pasar dunia.

Karena sebagian kebutuhan BBM nasional diimpor, kata dia, maka sudah sepantasnya pemerintah menurunkan harga BBM.

Pemerintah melalui Menteri ESDM Sudirman Said, Rabu petang, engumumkan penurunan harga BBM bersubsidi, yakni premium dari Rp7.300 per liter jadi Rp7.150 per liter serta solar dari Rp6.900 per liter jadi Rp5.950 per liter.

Harga baru tersebut baru akan berlaku mulai 5 Januari 2016.