PDAM targetkan 50 ribu pelanggan

id pdam, pdam oku

PDAM targetkan 50 ribu pelanggan

Instalasi pengelolaan air PDAM Tirta Musi (Foto Antarasumsel.com/15/Nila Fuadi/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada 2017 menargetkan menambah jumlah pelanggan hingga mencapai 50 ribu, kata Direktur perusahaan daerah tersebut Abi Kusno di Baturaja, Kamis.

Guna memenuhi target tersebut pihaknya akan menambah jumlah jaringan air bersih, karena sebelumnya jumlah pelanggan hanya 13 ribu.

"Kami optimistis rencana program kerja 2016 akan terealisasi pada tahun 2017 dengan menambah jumlah pelanggan hingga 50 ribu," katanya.

Dijelaskannya, program kerja menggunakan APBN 2017 tersebut membangun pengelolaan jaringan baru di Kecamatan Ulu Ogan dengan ketinggian 300 meter di atas permukaan laut memanfaatkan sumber mata air Sungai Kiwai yang dinilai masih alami dan bebas polusi.

"Nantinya sumber air di Kecamatan Ulu Ogan tersebut mengalir ke kecamatan lainnya, yakni Semidang aji, Pengandonan, Muara Jaya hingga Kota Baturaja," jelasnya.

Hal tersebut kata dia dilakukan guna meningkatkan kwalitas air bersih dari sebelumnya sehingga kebutuhan air ke saluran pipa pelanggan dapat tercukupi.

Selain itu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, rencana tersebut juga menghemat biaya operasional seperti pemakaian listrik hingga mencapai Rp6 miliar per tahun dan hemat ongkos pemeliharaan alat sekitar Rp2 miliar setiap tahunnya.

"Kalau program tersebut berhasil dapat menghemat sekitar Rp8 miliar setiap tahunnya yang harus dikeluarkan PDAM OKU," jelasnya.

Program tersebut sudah diajukan ke Satuan Kerja (Saker) Proyek Peningkatan Prasarana Air Bersih Sumsel untuk direalisasikan pada 2017.

"Untuk besaran anggaran kami belum tahu berapa angka pastinya. Yang jelas sumber dananya dari APBN Tahun 2017," ujarnya.