Pangdam Sriwijaya terharu saksikan drama pejuang Sumsel

id Pangdam II Sriwijaya, Purwadi Mukson, hari juang kartika, hut kodam sriwijaya

Pangdam Sriwijaya terharu saksikan drama pejuang Sumsel

Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson mengatakan terharu menyaksikan drama kolosal pejuang Sumatera Selatan dalam acara peringatan hari juang kartika di Palembang, Selasa.

Drama kolosal antara lain menampilkan perjuangan Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Pangdam mengatakan, siapa yang tidak terharu melihat perjuangan Sultan Mahmud Badaruddin II begitu gagahnya mempertahankan Sumsel dari penjajahan Belanda.

Bahkan hingga akhirnya dia ditangkap dan diasingkan ke Ternate, ujar dia.

Dirinya yakin semua yang hadir meneteskan air mata jika menyaksikan dengan seksama.

Menurut dia, penampilan drama kolosal tentang perjuangan Sultan Mahmud Badaruddin II ini untuk mengangkat tokoh lokal yang berjuang dengan gigihnya melawan kolonial Belanda.

Selain itu, menurut Jenderal Bintang Dua itu, diharapkan generasi penerus bangsa terutama kaum pemuda untuk menjadikan kepahlawan SMB II sebagai tolak ukur untuk mengisi kemerdekaan RI.

Dalam penampilan drama kolosal itu melibatkan ratusan masyarakat dan prajurit TNI di lingkungan Ajendam II Sriwijaya di bawah pimpinan Kolonel Caj Eko Waluyo.

Sementara Kaajendam selaku penanggung jawab drama kolosal mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan jauh hari sebelumnya agar kegiatan berjalan lancar.

"Persiapan dan latihan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat dan jajaran Kodam II Sriwijaya," katanya.