Telkomsel siap hadapi Natal dan Tahun Baru

id telkomsel, hadapi tahun baru

Telkomsel siap hadapi Natal dan Tahun Baru

Telkomsel (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Telkomsel siap menghadapi natal dan tahun baru 2016 dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia.

Pada periode lebaran, natal dan tahun baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakaan periode yang amat penting bagi masyarakat di seluruh Regional Sumbagsel bahkan di Indonesia, kata GM Sales Region Sumbagsel, Badar yang didampingi GM ICT Operation Region Sumbagsel, Yogi R Bahar di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pada saat-saat ini pula kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, karena banyaknya pertukaran informasi antar sesama, baik menggunakan layanan suara, SMS ataupun data.

"Untuk itu, di masa-masa tersebut kami selalu meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk menjamin kualitas berkomunikasi terbaik yang kami berikan bagi para pelanggan," katanya.

Ia menjelaskan, bahwa layanan data diprediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan, berhubung saat ini pelanggan sangat aktif dalam menggunakan ponselnya untuk berbagi momen-momen keseruan mereka lewat berbagai aplikasi social media dan chatting.

"Seiring dengan terus meningkatnya penggunaan layanan data dari tahun ke tahun, fokus kami ialah memberikan layanan dengan kualitas yang prima, sehingga para pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik ketika menggunakan layanan data Telkomsel," tuturnya.

Yogi mengatakan, pada tahun ini mereka telah mencanangkan program "truebex" untuk penyediaan jaringan broadband terbaik di 30 kota yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest) untuk memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga.

Untuk wilayah Sumbagsel wilayah "truebex" meliputi Lampung, Palembang dan menyusul berikutnya adalah Jambi.

Dalam penerapan layanannya Telkomsel berkomitmen untuk selalu menjaga coverage yang baik, dan diharapkan akan mampu meminimalisir adanya blank spot pada sinyal.

Sementara itu ketersediaan capacity akan memastikan kesuksesan akses layanan data bagi pelanggan dimana hal ini dilakukan dengan menjaga tingkat utilisasi jaringan 3G, ujarnya.

Sedangkan qualiti akan menjamin kualitas jaringan berupa kecepatan dan kestabilan layanan data yang konsisten sesuai dengan kebutuhan layanan yang digunakan.

Ia menuturkan, dalam menghadapi natal dan tahun baru Telkomsel telah menyediakan aktivitas untuk pelanggan menikmati layanan data yakni program "truebex", dengan selalu memastikan diantaranya drive test and walk test, optimalisasi jaringan, pemasangan compact mobile base station, penambahan BTS baru dan kapasitas jaringan, customer experience test (CET), serta performance monitoring and complaint handling.

Selain itu dilakukan pula implementasi DC-HSDPA dan HSPA+, sehingga throughput kecepatan dapat mencapai 42 Mbps.

Ia menjelaskan, berdasarkan pengalaman selama periode natal dan tahun baru lalu, Telkomsel memperkirakan kenaikan terbesar terjadi pada layanan data seperti halnya saat natal dan tahun baru ini yang kenaikannya diprediksi mencapai 14 persen dibandingkan hari normal.

Sementara itu, layanan suara diperkirakan naik tujuh persen, sedangkan trafik SMS diperkirakan naik 24 persen dibandingkan dengan trafik normal hari biasa di tahun 2015.

Telkomsel juga telah melakukan identifikasi terhadap 47 titik keramaian utama yang ada di wilayah Regional Sumbagsel yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan pada natal dan tahun baru yang dikenal dengan sebutan premium atau singkatan dari public services, religious events, entertainment events, malls and shopping center, indoor events, uniqueness dan massive crowd.

Selain didukung oleh lebih dari 6.190 BTS yang tersebar di wilayah Regional Sumbagsel, Telkomsel juga mengerahkan 27 Compact Mobile BTS (COMBAT) di wilayah Sumbagsel untuk menjamin kualitas jaringan selama natal dan tahun baru tetap prima.

Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 20 armada mobile grapari, menjamin ketersediaan produk melalui 531 outlet siaga, serta didukung pula oleh empat grapari siaga dan call centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur, katanya.