15 tim peserta IMT jelajahi 500 km Sungai Musi

id triboatton, menjelajah sungai musi

15 tim peserta IMT jelajahi 500 km Sungai Musi

Peserta international Musi Triboatton di Sumsel (Oleh Evan Ervani)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 15 tim dari dalam dan luar negeri yang menjadi peserta International Musi Triboatton (IMT) IV 2015 akan menjelajahi Sungai Musi sejauh 500 Km pada 15 -19 Desember 2015.

Dalam acara tersebut, lima tim dari dalam negeri dan 10 tim dari luar negeri akan melewati lima kota dan kabupaten di Sumatera Selatan yaitu Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, dan Kabupaten Empat Lawang.

Beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong, Filipina dan Brunei Darussalamdipastikan akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti ajang ini.

IMT 2015 merupakan gabungan wisata penjelajahan atau penyusuran sungai dengan lomba dayung variatif. Ada tiga jenis perahu yang digunakan yaitu river boat, kayak boat, dan traditional boat (dragon boat). Serta penyusuran bersama dengan speed boat menuju Kota Palembang dengan lintasan arus deras dan arus tenang.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin mengatakan sungai Musi adalah ikon dari pariwisata di Sumatera Selatan yang harus dikelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat lebih baik lagi.

Dia juga menyampaikan sungai Musi jadikan sebagai beranda depan Indonesia, salah satunya dengan memanfaatkan sungai Musi sebagai lokasi penyelenggaraan acara internasional seperti IMT, agar dapat mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan mancanegara.

Arief juga ingin sungai Musi bisa seperti Borobudur di Yogyakarta atau Danau Toba di Sumatera Utara.

"Setiap destinasi wisata harus punya ikon. Ikon Sumsel adalah Sungai Musi, dan ini harus dijaga karena ketika menjadi ikon maka turis asing akan mudah mengenal destinasi wisata itu," kata dia.

Menurut Arief wisata olahraga efektif sebagai sarana mempromosikan potensi pariwisata minat khusus yang menggabungkan potensi alam, budaya, dan buatan.

"IMT diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi pariwisata secara langsung kepada masyarakat serta membantu mempromosikan pariwisata Sumsel  ke dunia," kata Arief Yahya.

Kegiatan IMT yang telah dilaksanakan sejak 2012, diharapkan dapat meningkatkan pergerakan kunjungan wisatawan nusantara ke Sumatera Selatan, yang pada tahun lalu mencapai 3.440.830 orang dengan jumlah wisatawan mancanegara 33.321 orang.