Sumsel gunakan pelatih asing kejar target PON

id pelatih asing, pekan olahraga nasional, pon jabar, pon 2016, atlet, koni sumsel, koni

Sumsel gunakan pelatih asing kejar target PON

Ilustrasi - Atlet Sumsel jalani tes fisik (Foto Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan memastikan akan menggunakan pelatih asing untuk sejumlah cabang olahraga unggulan, dalam upaya mengejar target masuk sepuluh besar pada PON di Jawa Barat tahun 2016.

Kepala Pembinaan dan Prestasi Atlet Pengurus Provinsi KONI Sumsel Meirizal Usra di Palembang, Sabtu, mengatakan, organisasinya telah menyetujui usulan sejumlah pengurus cabang olahraga yang ingin memanfaatkan pelatih asing untuk mencapai prestasi terbaik di ajang empat tahunan yang direncanakan pada September 2016.

"Keberadaan pelatih asing itu diharapkan mampu menutupi kekurangan kemampuan pelatih lokal. Jika atletnya sudah berprestasi dan sangat berpeluang meraih medali, mengapa tidak. Sesuai amanat Gubernur, cabang olahraga dipersilakan untuk mengontrak pelatih dari luar negeri demi meraih pretasi terbaik di PON," kata dia.

Ia mengatakan, persetujuan untuk mendatangkan pelatih asing dan uji coba atlet ke luar negeri ini akan diumumkan dalam waktu dekat, karena pemusatan latihan daerah direncanakan bergulir pada Januari 2016.

"Melalui dua ajang ini akan diketahui siapa-siapa atlet yang bakal ikut PON dan akan dilatih, karena jadi kesempatan untuk mendapatkan tiket," ujar Ketua Program Studi Olahraga Pasca Sarjana Unsri ini.

Ia mengemukakan, sementara ini sejumlah pengurus cabang olahraga telah mengajukan keinginan untuk mendatangkan pelatih asing meski sebatas lisan.

"Nanti ke depan, pengurus olahraga ini diharapkan mengajukan proposal yang dilengkapi analisa mengenai peluang meraih medali di PON. Tentunya, KONI akan menyeleksi karena dana sangat terbatas," kata dia.

Sebelumnya, sejumlah cabang olahraga seperti renang dan karate menyatakan untuk mengimpor pelatih dari luar negeri.

Sementara pencak silat menginginkan atletnya menjalani uji coba di luar negeri. 

Pada persiapan PON di Riau tahun 2012, KONI Sumsel sempat mengirimkan tim anggar berlatih di Jerman dan berhasil menjadi juara umum dengan meraih 4 emas, 5 perak, dan 5 perunggu.