Pdam Lubuklinggau terapkan layanan online

id pdam, pdam lubuklinggau

Pdam Lubuklinggau terapkan layanan online

Instalasi pengelolaan air PDAM (Foto Antarasumsel.com/15/Nila Fuadi/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Perusahaan Daerah Air Minum Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan akan menerapkan layanan daring (online), sehingga lebih mudah mengakses pelanggan yang menunggak dan wilayah tak terjangkau oleh distribusi air.

"Kami sudah ada kerja sama dengan kantor pos untuk membuka pelayanan pembayaran secara `online` karena selama ini mmasih menggunakan pola manual," kata Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bukit Sulap Kota Lubuklinggau Sofian Narta, Sabtu.

Ia mengatakan pelayanan kepada masyarakat dan pelanggan PDAM setiap tahun terus ditingkatkan baik dari kebutuhan air dan kualitas air hingga pembayaran tagihan dengan sistem daring.

Dengan pelayanan sistem daring itu, masyarakat tidak perlu jauh-jauh antre membayar tagihan dan petugas PDAM tidak perlu repot untuk mendeteksi pembayaran karena langsung terdata dari kantor.

Saat ini, PDAM Lubuklinggau di Sumatera Selatan telah bekerja sama dengan 51 kota dan kabupaten se-Indonesia dengan membuka sistem daring.

"K edepan kita akan melaksanakan sosialisasi dan sistem perdananya akan dimulai per Januari 2016 karena sekarang masih dalam proses," ujarnya.

Dengan perbaikan dibidang pengairan tersebut tentu akan menguntungkan masyarakat karena pengairan akan dialirkan secara merata termasuk daerah yang masih sedikit menggunakan PDAM seperti Lubuklinggau bagian Utara,tuturnya.

Salah seorang pelanggan PDAM Umsana mengharapkan pelayanan air bersih ke depan hendaknya ditingkatkan sehingga masyarakat tak kekurangan air bersih seperti musim kemarau belum lama ini.

"Kami sempat mengambil air ke Sungai Kelinggi dengan menggunakan jerigen karena saluran PDAM di kawasan perumahan Graha acap kali mati total, sedangkan tagihannya masih seperti biasa," keluhnya.