Pemprov minta Palembang tertibkan angkutan lalu lintas

id bus kota, angkot, palembang, kota palembang, pemprov sumsel, ahmad najib

Pemprov minta Palembang tertibkan angkutan lalu lintas

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Ansyor/12)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemprov Sumatera Selatan minta pemerintah Kota Palembang menertibkan angkutan kota yang selama ini tidak disiplin berlalu lintas dan bus kota tidak layak jalan, serta truk terbuka masih melalui jalan protokol.

"Itu harus segera ditertibkan Pemkot Palembang terutama menjelang Asian Games 2018," kata Asisten Kesra Pemprov Sumsel Ahmad Najib di Palembang, Rabu.

Dia mencontohkan, bus kota yang kondisinya kurang layak masih mengangkut para penumpang dan itu juga akan menjadi perhatian panitia penyelenggara Asian Games yang sebentar lagi akan meninjau ulang.

Begitu juga truk pengangkut tanah yang terbuka masih saja melintasi jalan-jalan utama Kota Palembang seperti di depan Asrama Haji sehingga tanah yang diangkut kadang-kadang mengotori badan jalan.

Itu harus segera ditertibkan supaya pesta olahraga internasional yang diikuti puluhan negara itu nanti berjalan sukses, ujar dia.

Karena ketertiban berlalulintas akan menjadi perhatian tim organisasi penyelenggara Asian Games sehingga itu perlu dibenahi dan kedisiplinan terus ditingkatkan, kata dia.

Memang, lanjut dia, dalam penertiban angkutan kota perlu dilakukan koordinasi dengan aparat pendukung lainnya seperti Polresta Palembang.

Selain itu juga sosialisasi kepada masyarakat perlu terus digencarkan sehingga tertib berlalu lintas menjadi kebutuhan bersama, kata dia.

Yang jelas, Asian Games harus sukses dan itu perlu dukungan bersama terutama Pemerintah Kota Palembang sebagai tempat penyelenggara pertandingan, tambah dia.

DKI Jakarta bersama Sumsel akan menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games ke-18 pada 2018 sehingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan harus tersedia termasuk fasilitas pendukung di luar pertandingan.