Kepala Daerah sepakat cegah kebakaran hutan

id alex noerdin, gubernur sumsel

Kepala Daerah sepakat cegah kebakaran hutan

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tiga Kepala Daerah yakni Musi Banyuasin, Banyuasin dan Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan sepakat mencegah kebakaran hutan dan dan lahan agar bencana asap tidak terjadi pada tahun mendatang.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin di Palembang, Selasa mengatakan, pencegahan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan bersama khususnya daerah yang rawan.

Kesepakatan itu sendiri, ditandai dengan penandatanganan komitmen pencegahan kebakaran hutan dan lahan oleh Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, Wakil Bupati Ogan Komering Ilir HM Rifai dan Wakil Bupati Banyuasin Suman Asra Supriono serta perusahaan perkebunan di Palembang belum lama ini.

Jadi dengan adanya penandatangan tersebut berarti Pemerintah Provinsi Sumsel dan daerah yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan cukup serius dalam pencegahan, ujar gubernur.

Lebih lanjut, dia mengatakan, selain itu dengan adanya penandatanganan bersama tersebut diharapkan tahun mendatang tidak terjadi bencana asap.

Hal itu karena kepala daerah yang daerahnya rawan akan kebakaran hutan dan lahan harus berkaca pada bencana asap sebelumnya termasuk dalam upacaya pencegahan, ujar gubernur.

Selain itu, perlu dilakukan koordinasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan termasuk dengan provinsi tetangga, kata dia.

Dia mengatakan, kesemuanya itu dilakukan supaya pada tahun mendatang Sumsel tidak terjadi lagi bencana asap seperti beberapa waktu lalu.

Mari bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan dan lahan supaya bencana asap tidak terjadi lagi, kata dia.

Bersamaan dengan penandatanganan juga dilakukan dialog pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang mendatangkan narasumber dari luar negeri.

Sebagaimana sekarang ini, tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang memadamkan titik api sudah ditarik karena telah memasuki musim penghujan.-2015 08:02:56