Wagub minta guru tingkatkan kemampuan

id ishak mekki, wagub sumsel

Wagub minta guru tingkatkan kemampuan

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ishak Mekki minta kepada seluruh guru di daerahnya untuk terus meningkatkan kemampuan, karena tenaga pengajar untuk menyiapkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas.

Apalagi guru memiliki peran penting dalam memajukan pembangunan bangsa yang berkualitas, sehingga tenaga pengajar itu harus terus meningkatkan kemampuan diri, kata Wagub pada acara Hari Ulang Tahun ke-70 PGRI di Palembang, Senin.

Menurut dia, peningkatan kualitas diri dapat dilaksanakan antara lain melalui pendidikan, pelatihan termasuk membaca berbagai ilmu yang dibutuhkan dalam mengajar.

Yang jelas, peningkatan kemampuan guru sangat dituntut dalam era globalisasi sekarang ini, karena tantangan cukup berat.

Memang, lanjut dia, PGRI sebagai wadah bernaung para guru sehingga organisasi itu sangat berperan dalam peningkatan kualitas diri para tenaga pengajar tersebut.

Dia mengatakan, PGRI bisa memfasilitasi guru dalam memajukan pendidikan sehingga nantinya sumber daya manusia semakin berkualitas terutama dalam pembangunan bangsa.

Namun, yang lebih penting lagi kebersamaan para guru harus selalu tercipta sehingga mereka semakin termotivasi dalam mengajar anak didiknya, kata dia.

Dalam kesempatan itu Wagub juga mengatakan, mengenai SMA dan SMK akan diserahkan pada pemerintah provinsi memang itu sesuai undang-undang dan akan dimulai pada 2017.

Menurut dia, saat ini Pemerintah Provinsi Sumsel telah mempersiapkan diri sehingga pada awal 2017 pengelolaannya sudah dapat dilaksanakan.

Begitu juga guru honorer yang ada di Sumsel pihaknya terus mengawal dan berupaya, yang diharapkan semuanya dapat diangkat menjadi PNS, ujar dia.

Ketua PGRI Sumsel Ahmad Julinto mengatakan, guru PNS di Sumsel jumlahnya sekitar 100 ribu orang, dan 60 ribu orang guru honorer kesemuanya terus ditingkatkan kualitasnya.