PTSB pertimbangkan bangun pabrik semen di TAA

id semen, pt semen baturaja

PTSB pertimbangkan bangun pabrik semen di TAA

PT Semen Baturaja (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Derektur Umum dan SDM PT Semen Baturaja, Romlan Kurniawan mempertimbangkan keinginan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin supaya pabrik semen dibangun di pelabuhan laut Tangjung Api-Api.

Terkait rencana pembangunan pabrik PT Semen Baturaja (PTSB) 2 di Baturaja dan Pabrik PTSB 3 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Gubernur Alex Noerdin ketika melakukan kunjungan ke pabrik semen tersebut di Baturaja memberikan alternatif jika pembangunan Pabrik PTSB 3 semula direncanakan dibangun di OKU Selatan agar dialihkan ke pelabuhan laut Tanjung Api-Api (TAA), kata Romlan Kurniawan di Baturaja, Minggu.

Menurut dia, hal itu bisa saja terjadi namun akan dipertimbangkan dan dikaji dahulu mana yang lebih pleksibel untuk pembangunan pabrik, baik dari segi ekonomis maupun teknisnya.

Pembangunan, pabrik PTSB 2 di Baturaja dan PTSB 3 di OKU Selatan ini, kata Romlan, masing-masing akan menghabiskan dana sekitar Rp3,5 triliun.

Tadi kata Romlan, dihadapan Gubernur Alex Noerdin sudah dijelaskan bahwa hasil kajian di OKU Selatan untuk teknisnya sudah jelas.

Di sana lebih pleksibel, listrik sudah didukung, namun meski listrik sudah dipenuhi, insprastruktur lainnya belum memadai, katanya.

Oleh karena itu, kata dia, akan dikaji dulu ekonomis dan teknisnya. "Namun setelah kita kaji nantinya tidak menutup kemungkinan pabrik PTSB 3 juga akan dibangun di TAA. Jadi akan kita kaji dulu yang mana lebih menguntungkan secara ekonomis. Setelah itu baru akan kita sampaikan ke gubernur," tegasnya.

Ia mengatakan, yang menjadi kesulitan untuk membangun pabrik PTSB 3 di OKU Selatan yakni insfrastruktur, akses mengangkut barang-barang besar bahan dan peralatan membangun pabrik.

Namun yang jelas tegas Romlan, niat pembangunan pabrik PTSB 3 di OKU Selatan tetap akan dilaksanakan, sebab meneliti ini bukan setahun dua tahun, bahkan pengeluaran sudah banyak untuk penelitian pembangunan babrik di OKU Selatan.

Di samping itu dengan pembangunan pabrik PTSB 2 dan PTSB 3 ini akan meningkatkan produksi semen PT SB menjadi 3,5 juta ton pertahun.

Sementara, pembebasan lahan di pabrik PTSB 2 sudah 80 persen lahan seluas 500 hektare. Kalu pabrik PTSB 3 di OKU Selatan sekitar 500 hektare belum dilakukan pembebasan," ungkapnya.

Secara rinci, untuk potensi produksi di PTSB 1 sebesar 1,5 juta ton semen pertahun, untuk pabrik 2 produksi sekitar 1,85 juta ton pertahun, dan pabrik ke 3 di OKU Selatan hampir sama sekitar 1,5 juta ton sampai 1,8 juta ton semen per tahun.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menyampaikan tiga opsi menjadi pertimbangan pihak PTSB, yakni pembangunan pabrik PTSB 3 yang direncankan di OKU Selatan agar dibangun di TAA, bahkan pemprov menyiapkan lahan untuk pembangunan pabrik tersebut.

"Opsi saya ada baiknya kalau dibangun di TAA. Di OKU Selatan aksesnya agak sulit. Jika pabrik ini dibangun di TAA, lahan akan kita siapkan," tegas Alex Noerdin.

Gubernur juga mengingatkan, PTSB bekerja cepat, karena masih banyak perusahaan semen yang akan masuk ke Sumsel.

"Jadi tidak perlu menunggu pabrik PTSB 2 ini selesai dulu, langsung saja sekalian pembangunan pabrik PTSB 3," kata Alex.