Panwaslu perketat pengawasan pendistribusian logistik

id panwaslu, perketat pengawasan logistik

Panwaslu perketat pengawasan pendistribusian logistik

Panwaslu (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memperketat pengawasan pendistribusian logistik Pilkada Bupati dan Wakil Bupati di tiga kecamatan wilayah setempat hingga menjelang hari pencoblosan, 9 Desember 2015.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga Ogan Komering Ulu (OKU) Dewantara Jaya di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa pihaknya memperketat pengawasan di tiga kecamatan yakni Lengkiti terdapat delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Sosoybuay Rayap Kecamatan Ulu Ogan masing-masing dua TPS.

Pengawasan di tiga kecamatan tersebut karena rawan yakni medan menuju lokasi TPS jauh dan perbukitan, serta jumlah pemilih cukup banyak, katanya.

Untuk itu kata dia, mereka menekankan agar jajaran di bawah memperketat pengawasan. 

Sementara untuk memberikan semangat pengawas di bawah mereka akan menambah honor pengawas yang bertugas di daerah-daerah yang rawan.

"Selain itu kita berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan di daerah yang kita nilai rawan dan jarak TPS di permukiman mencapai delapan kilometer dari pusat desa," katanya.

Sementara anggota KPU OKU dari Divisi Logistik, Imaduddin menyikapi hal itu mengatakan, pendistribusian ada pendanaan khusus. 

Menurut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Panwaslu dan Kepolisian.

"Jadi daerah yang rawan itu akan kita prioritaskan pengiriman logisttik sehingga bisa sampai tepat waktu, dan akan melakukan penyelenggaraan sesuai petunjuk dan aturan berlaku," katanya.

Ia menambahkan, untuk kerusakan suara suara masih menunggu pihak KPU menyelesaikan penyortiran, dan akan mengganti yang rusak.

"Sampai saat ini kita menemukan ada sekitar 104 lembar surat suara yang rusak, sementara penyortiran masih berlangsung, artinya kemungkinan jumlahnya masih akan bertambah," katanya.