Liverpool dan Tottenham melaju ke 32 besar Liga Europa

id Liverpool, Tottenham, Liga Europa, sepakbola, sepak bola, Grup B, fase grup

Liverpool dan Tottenham melaju ke 32 besar Liga Europa

Penyerang Liverpool Christian Benteke (kanan) (Ist)

....Sangat gembira dapat lolos....
Paris, (ANTARA/AFP) - Liverpool dan Tottenham mencapai putaran 32 besar Liga Europa pada Kamis, sementara itu Skotlandia tidak lagi memiliki perwakilan di kompetisi level benua ketika Celtic tersingkir.

Liverpool yang dilatih Juergen Klopp menang 2-1 atas Bordeaux di Anfield setelah menjalani start terburuk, ketika kembalinya pemain internasional Inggris Daniel Sturridge dari cedera lutut ketika ia mengalami cedera kaki saat melakukan pemanasan.

Tim Inggris itu kemasukan gol pada pertandingan di Grup B ini melalui cara yang tidak biasa pada menit ke-33, ketika kiper Simon Mignolet dihukum akibat dianggap membuang-buang waktu.

Henri Saviet memasukkan gol melalui tendangan bebas namun Liverpool mampu menyamakan kedudukan lima menit kemudian ketika James Milner sukses mengonversi penalti, setelah Ludovic Sane melanggar Christian Benteke.

Bintang Belgia Benteke kemudian mengemas gol penentu kemenangan pada fase akhir babak pertama melalui tembakan kaki kanan.

Tandukan Harry Kane membawa Tottenham ke 32 besar, ini merupakan gol kesembilan pemain Inggris itu dari enam pertandingan yang membuat Spurs menang 1-0 di markas juara Azerbaijan Qarabag.

Gol penentu kemenangan Kane di babak kedua ini memastikan sang pemuncak klasemen Grup J lolos ke fase gugur dengan satu pertandingan tersisa.

Klub London Utara itu harus melakukan perjalanan sejauh 8.000 kilometer ke ibukota Azerbaijan tiga hari sebelum kedatangan Chelsea ke White Hart Lane.

Meski akan menjamu sang juara bertahan Liga Utama Inggris, pelatih Spurs Mauricio Pochettino tetap menurunkan tim yang kuat di markas Qarabag, Azersun Arena, di Baku.

Setelah satu jam pertama yang tidak terlupakan, pertandingan berlangsung semakin hidup ketika penyerang Son Heung Min melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti di mana bola kemudian membentur mistar gawang.

Beberapa saat kemudian, kiper Qarabag Ibrahim Sehic menepis tembakan menyudut Eric Dier.

Pemain sayap Qarabag asal Spanyol Dani Quintana kemudian memaksa kiper Spurs Hugo Lloris untuk menggagalkan peluang miliknya.

Setelah permainan berlangsung semakin menarik Tottenham terlihat akan memecah kebuntuan, dan pada menit ke-78 mereka akhirnya berhasil membuka keunggulan.

Christian Erikssen melepaskan tembakan dari tendangan sudut dari sisi kiri, di mana Kane kemudian meneruskan sundulan Son.

"Sangat gembira dapat lolos! Ini tidak mudah namun menyenangkan bisa mendapat kemenangan," cuit Kane.

Pochettino menambahi, "Tujuannya sekarang telah tercapai. Kami akan memastikan kami tiba dalam kondisi bagus untuk bermain melawan Chelsea. Kami memiliki tim yang kuat dan mentalitas yang kuat, dengan kematangan."
Juara Skotlandia Celtic menelan pertandingan kesepuluh tanpa kemenangan secara beruntun di Liga Europa saat mereka kalah 1-2 dari Ajax di Grup A.

Callum McGregor membawa Celtic unggul pada menit keempat di Parkhead, namun Arkadiusz Milik menyamakan kedudukan pada menit ke-21 untuk tim Belanda itu.

Pemain penganti Ajax Vaclav Cerny mencetak gol kemenangan dua menit sebelum pertandingan usai untuk menjaga harapan timnya untuk lolos tetap hidup, sedangkan nasib Celtic terkunci ketika Fenerbach mengalahkan Molde yang telah dipastikan lolos dengan skor 2-0.

Di tempat lain, klub Rusia Krasnodar menang 1-0 atas Borussia Dortmund yang sudah pasti lolos, untuk melaju dari Grup C.

Tim lain yang juga melaju adalah klub asal Spanyol Villarreal berkat kekalahan 0-1 Viktoria Plzen dari Dinamo Minsk.

Juara Swiss Basel bermain imbang 2-2 dengan Fiorentina untuk melaju dari Grup I, sedangkan Sporting Lisbon memperbesar peluang mereka untuk lolos dari Grup H berkat kemenangan 4-2 di markas Lokomotiv Moscow.

Lazio meneruskan kampanye Liga Europa mereka dengan kemenangan 2-1 atas Dniepropetrovsk, sedangkan Sporting Braga melaju dari Grup F berkat gol penentu kemenangan di menit terakhir saat menang 2-1 atas Slovan Liberec.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)