Sumsel didukung gudang bantuan bencana regional Sumatera

id dinas sosial sumsel, dinsos, gudang bantuan, regional sumatera, kadinsos sumsel, Belman Karmuda

Sumsel didukung gudang bantuan bencana regional Sumatera

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan menjamin ketersediaan bantuan jika sewaktu-waktu masyarakat di provinsi ini mengalami bencana banjir dan tanah longsor yang biasa terjadi pada setiap musim hujan karena didukung gudang bantuan regional Sumatera.

"Bantuan untuk korban bencana dijamin tersedia dalam jumlah cukup banyak, karena selain tersedia di gudang milik Dinas Sosial juga didukung adanya gudang bantuan bencana regional Sumatera yang dibangun di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir," kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, di Palembang, Kamis. 

Menurut dia, sekarang ini sudah disiapkan bantuan untuk korban bencana berupa bahan makanan untuk orang dewasa dan anak-anak.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan bantuan berupa selimut, tenda penampungan sementara, dan peralatan evakuasi.

Dengan persiapan bahan makanan dan bantuan lainnya, pihaknya optimistis dapat membantu masyarakat jika terjadi bencana di kawasan permukiman penduduk yang tersebar di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu, katanya.

Dia menjelaskan, pada musim hujan November 2015 hingga enam bulan ke depan itu, wilayah provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini cukup rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana selama musim hujan ini, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan sehingga jika terjadi bencana para korban dapat segera dibantu sehingga dapat dihindari timbulnya permasalahan sosial.

Bantuan untuk para korban bencana tersebut sekarang ini disimpan di gudang bantuan bencana Dinas Sosial Sumsel dan gudang milik Bulog.

"Sebagai gambaran sekarang ini tersedia bantuan beras untuk kejadian bencana luar biasa sebanyak 200 ton di tingkat provinsi, dan 100 ton di tingkat kabupaten dan kota, sedangkan stok untuk bantuan reguler terdapat lima ton beras per kabupaten dan kota," ujarnya.

Sedangkan stok bantuan bencana yang ada di gudang regional yang dibangun Kementerian Sosial di Jalan Lintas Timur Sumatera, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir itu bisa diminta jika stok yang tersedia di daerah mengalami kekurangan.

Dengan stok yang tersedia dalam jumlah yang cukup banyak serta dukungan gudang bantuan bencana regional Sumatera itu, bantuan tersebut sewaktu-waktu siap didistribusikan oleh petugas Dinas Sosial dan sukarelawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) kepada masyarakat di kabupaten dan kota yang mengalami bencana, kata Belman.