Pengguna kapal cepat Palembang-Bangka sepi

id kapal cepat, palembang bangka, pelabuhan, pelabuhan boom baru, kapal

Pengguna kapal cepat Palembang-Bangka sepi

Jumlah penumpang kapal cepat Palembang-Bangka menurun. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

....Di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang mencapai 340 orang....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pengguna jasa angkutan laut kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan, tujuan Muntok, Bangka, dalam beberapa bulan terakhir tergolong sepi.

"Jumlah pengguna kapal cepat sekarang ini paling banyak 150 orang atau di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang mencapai 340 orang," kata Robin, petugas penjualan tiket Kapal Cepat Express Bahari di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Kamis. 

Menurut dia, dalam kondisi sepi sekarang ini, pihaknya bersama satu perusahaan penyedia jasa angkutan kapal cepat lainnya, sepakat mempertahankan sistem pengoperasikan satu kapal secara bergiliran yang telah dilakukan sejak Maret 2015. 

Untuk menghindari persaingan tidak sehat dan menyiasati masalah sepinya pengguna jasa angkutan laut ini, pihaknya dari perusahaan Express Bahari sepakat dengan pengelola kapal cepat Sumber Bangka membuat jadwal pelayaran secara bergilir satu hari berangkat satu hari libur.

Penerapan jadwal pelayanan secara bergilir itu tidak ditentukan batas waktu berakhirnya, jika pengguna kapal cepat masih belum meningkat, akan terus dipertahankan sistem bergilir itu hingga kondisi normal.

"Penerapan jadwal pelayanan secara bergilir disesuaikan dengan perkembangan jumlah penumpang, jika kondisi bergerak menuju ke arah normal akan segera dikembalikan pada posisi jadwal pelayanan yang diberlakukan selama ini," ujarnya. 

Dia menjelaskan bahwa untuk mengatur jadwal pelayanan secara bergilir itu, sesuai kesepakatan ditentukan berdasarkan penghitungan tanggal, jika kapal Exspress Bahari beroperasi melakukan pelayanan pada tanggal genap, kapal Sumber Bangka beroperasi pada tanggal ganjil dengan jam keberangkatan tetap seperti biasanya yakni pukul 07.00 WIB.

Bagi pelanggan Express Bahari dan perusahaan penyedia jasa angkutan kapal cepat lainnya yang akan menggunakan jasa angkutan kapal cepat tujuan Palembang-Bangka dapat memperhatikan jam operasi atau jadwal pelayanan yang telah ditetapkan secara bergiliran tersebut, ujar dia.