Sumatera Selatan Gencarkan Penelitian Sektor Perikanan

id perikanan, dinas kelautan perikanan, dkp sumsel, peneliti, ikan, SEAFDEC, sungai

Sumatera Selatan Gencarkan Penelitian Sektor Perikanan

Ilustrasi (ANTARA FOTO)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan menggencarkan penelitian sektor perikanan sejak memiliki Pusat Pengembangan Perikanan Umum dan Daratan tingkat ASEAN di Palembang pada 2014.

Kabid Hubungan Masyarakat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan Galamda Israk di Palembang, Kamis, mengatakan, kegiatan penelitian di South East Asian Fisheries Development Center (SEAFDEC) ini dimulai pada awal 2015 sudah melibatkan peneliti asing dari negara-negara di Asia.

"Belum lama ini ada tiga peneliti asal Jepang yang memanfaatkan SEAFDEC ini untuk mempelajari keanekaragaman ikan di Sumatera Selatan," kata dia.

Menurutnya, kehadiran peneliti dari Jepang ini merupakan wujud respon positif kalangan akademisi dunia atas berdirinya suatu pusat pengembangan perikanan terbesar di ASEAN.

"Pusat Pengembangan Perikanan Perairan Umum ini menjadi satu-satunya di kawasan ASEAN sehingga kehadirannya diharapkan mengangkat potensi perikanan di Sumsel yang tercatat memiliki luas perairan umum daratan mencapai 2,5 juta hektare, meliputi Sungai Musi beserta anak sungai, rawa dan danau," kata dia.

Pembangunan pusat pengembangan perikanan perairan umum umum berasal dari APBN dengan rincian dan pada tahun lalu senilai Rp18 miliar dan tahun ini sekitar Rp100 miliar.

Selain memanfaatkan SEAFDEC untuk penelitian, Sumsel saat ini juga sedang membangun pusat pelatihan perikanan di Keramasan di atas lahan seluas 10 hektare.

"Pusat pelatihan ini untuk mengaplikasikan hasil penelitian di SEAFDEC, jadi terkait dengan sektor hulu hingga hilirnya," kata dia.

Luas perairan umum Sumsel yang memiliki 11 sungai serta 49 anak sungai dengan total panjang 920 km ini tercatat menjadi yang terluas di Indonesia dengan 221 jenis ikan.

"Harapannya, dengan kehadiran pusat penelitian ini membuat industri perikanan di Sumsel semakin bergairah dan dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata dia.