Pemkot Palembang: waspadai penyakit musim hujan

id pemkot palewmbang, pemkot, asisten bidang peemrintahan, harobin mastafa, asisten i

Pemkot Palembang: waspadai penyakit musim hujan

Asisten I Pemkot Palembang Harobin Mustofa. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

...Berdasarkan prakiraan BMKG mulai memasuki musim hujan, kondisi ini perlu diwaspadai karena kemungkinan timbul berbagai jenis penyakit yang dapat mengancam kesehatan warga...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengimbau kepada warga kota setempat agar mewaspadai ancaman berbagai penyakit yang biasa timbul pada setiap musim hujan seperti sekarang ini.

"Berdasarkan prakiraan BMKG pada November 2015 ini cuaca di Bumi Sriwijaya ini dan beberapa daerah Sumsel lainnya mulai memasuki musim hujan, kondisi ini perlu diwaspadai karena kemungkinan timbul berbagai jenis penyakit yang dapat mengancam kesehatan warga dan menimbulkan korban jiwa," kata Asisten I (Bidang Pemerintahan) Setda Palembang Harobin Mustofa, di Palembang, Kamis.

Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pada musim hujan sekarang ini seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, flu, batuk serta diare, kata dia.

Menurut dia, berbagai penyakit tersebut rentan menyerang warga kota yang tinggal di kawasan permukiman yang kurang terjaga kebersihannya.

Untuk mencegah mewabahnya penyakit tersebut, warga di kota pemepk ini diminta meningkatkan kebersihan lingkungan baik di sekitar rumah, tempat bekerja dan lingkungan tempat usaha.

Kebersihan lingkungan tersebut bisa dilakukan dengan gerakan gotong royong yang akhir-akhir ini digalakkan Wali Kota Palembang Harnojoyo, meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Membuang sampah sembarangan pada musim hujan sekarang ini bukan hanya bisa menjadi sarang penyakit, tetapi juga bisa mengakibatkan terjadinya genangan air di sejumlah kawasan permukiman penduduk dan jalan protokol.

Kesadaran warga kota ini untuk hidup bersih dan sehat sudah cukup tinggi terbukti Palembang telah beberapa kali menerima Piala Adipura dan Piala Adipura Kencana namun kesadaran itu perlu terus ditumbuhkan sehingga ke depan menjadi lebih baik lagi, kata Harobin.