Sumsel gencar promosikan Asian Games ke negara Asia

id asian games, asian games 2018, kemenpora, koi, koni, ocagubernur sumsel, alex noerdin

Sumsel gencar promosikan Asian Games ke negara Asia

Logo Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

...Promosi ini penting, karena Sumsel berharap bukan hanya sukses sebagai penyelenggara, tapi juga sukses menambah jumlah wisatawan sehingga industri ekonomi kreatif bisa meraup keuntungan...
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan gencar mempromosikan ajang Asian Games ke-18 ke sejumlah negara Asia untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada saat kegiatan itu dilaksanakan di Palembang tahun 2018.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Rabu, mengatakan promosi ini sudah dilakukan ke sejumlah negara ASEAN sejak awal tahun 2015, dan pada 2016 direncanakan ke negara-negara Asia.

"Promosi ini penting, karena Sumsel berharap bukan hanya sukses sebagai penyelenggara, tapi juga sukses menambah jumlah wisatawan sehingga industri ekonomi kreatif bisa meraup keuntungan," ujar Alex.

Ia mengatakan, dalam promosi Asian Games tersebut, Sumsel menonjolkan mengenai keberadaan Kawasan Olahraga Jakabaring sudah sering dijadikan tempat menggelar ajang tingkat internasional.

Selain itu, promosi ini juga memperkenalkan tempat-tempat pariwisata di Palembang yang layak menjadi tujuan wisatawan asing.

"Mengenai lokasi wisata di Palembang ini akan dipercantik dan diperbanyak lagi, dan ini tugasnya Wali Kota," ucapnya.

Selain gencar mempromosikan Asian Games, Sumsel juga akan merekrut sebanyak 3.000 relawan pada Desember 2015.

"Bukan hanya infrastruktur yang disiapkan Sumatera Selatan tapi juga Sumber Daya Manusianya. Khusus untuk relawan akan dilakukan `training` (pelatihan) terkait etika dan perilaku hingga kemampuan berbahasa Inggris," tutur Alex.

Ia mengatakan, penyiapan SDM ini tidak dapat disepelekan karena mereka yang menjadi tenaga penghubung langsung ke para tamu negara.

"Semua sumber daya akan dikerahkan, mulai dari anak-anak SD hingga mahasiswa. Intinya, Sumsel sangat serius dalam menyiapkan diri karena ini bukan hanya harga diri daerah tapi harga diri bangsa," tambahnya.

Sejak diputuskan sebagai tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta, Sumsel terus berbenah untuk menjadi penyelenggara yang sukses teruma dalam pembangunan infrastruktur.