SBY: Dunia menuntut penerapan ekonomi hijau

id sby, Susilo Bambang Yudhoyono, Mantan Presiden RI ke-6, ekonomi hijau, green economy

SBY: Dunia menuntut penerapan ekonomi hijau

Mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

....Revolusi hijau yang dulu dilakukan memang berhasil meningkat produksi pangan, tapi penggunaan pupuk dan zat kimia secara berlebihan telah merusak lingkungan....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan dunia saat ini menuntut setiap negara menerapkan ekonomi hijau di sektor pertanian karena apa yang dilakukan selama ini telah mengakibatkan kerusakan lingkungan sehingga mengancam keberlangsungan kehidupan.

SBY dalam kuliah umum di Universitas Islam Negeri Raden Fatah dengan tema "Pembangunan Pertanian Berkelanjutan dan Ekonomi Hijau Abad 21", Rabu, mengatakan keinginan ini sudah dikonsensuskan oleh negara-negara di dunia dalam "Sustainable Development Goals 2015-2030" (pengganti MDGs) yang tujuan utamanya mengurangi kemiskinan dan menghilangkan kelaparan. Ia pun turut dalam koseptor tujuan dari SDGs ini.

"Pangan menjadi agenda utama setiap negara saat ini yang tergambar dalam SDGs, melalui ini mulai dimunculkan suatu model pertanian hijau (green economy) yang dianggap paling cocok di tengah banyak tekanan saat ini, seperti pertambahan jumlah penduduk, perubahan iklim, dan kerusakan lingkungan," tutur SBY.

Dalam konsep "green economy" ini, SBY berharap Indonesia sebagai negara berkembang turut ambil bagian karena jumlah penduduk negara ini diperkirakan tembus 306 juta jiwa pada 2035, sementara kelompok pengkonsumsi makanan bermutu akan bertambah dari 55 juta jiwa menjadi 125 juta jiwa pada 2035.

"Revolusi hijau yang dulu dilakukan memang berhasil meningkat produksi pangan, tapi penggunaan pupuk dan zat kimia secara berlebihan telah merusak lingkungan. Sehingga, model seperti ini seharusnya ditinggalkan dan beralih ke pertanian hijau," ujar SBY dihadapan ribuan mahasiswa dari dua universitas negeri dan delapan perguruan tinggi se-Sumsel.

Doktor lulusan IPB bidang ilmu ekonomi pertanian ini mengemukakan, penerapan pertanian hijau ini sangat penting karena sektor ini menyerap air hingga 70 persen dari yang digunakan di muka bumi, menggunakan lahan hingga 34,3 persen, menghasilkan gas buang hingga 17-30 persen, menyerap pekerja hingga 37,3 persen, dan khusus di negara berkembang mendominasi hingga 97 persen dari sektor lain.

"Artinya, sektor pertanian ini besar sekali sumbangsihnya. Jika dikelola dan diimplementasikan dengan benar maka akan membawa kesejahteraan," ujarnya.

Bagi Indonesia sendiri, sektor pertanian ini harus menjadi fokus utama karena hingga kini masih membutuhkan suplai dari negara lain, sementara seperti diketahui pasar global sering mengalami gangguan.

"Jadi solusinya harus memiliki strategi yang betul-betul bisa membangun ketahanan pangan, bagaiamana, ya dengan `green economy`," kata Presiden The Global Green Growth Institute ini.

Sehingga, ia berharap pemerintah saat ini bisa membuat kebijakan regulasi yg tepat terkait pertanian, kemudian penyediaan yang memadai, adanya riset yang unggul, dukungan infrastruktur waduk, irigasi, dan embung, pola cocok tanam bagus yang disebarkan ke komunitas petani.

Kemudian, rantai produksi, distribusi, hingga konsumsi harus efisien supaya harga murah, adanya kemitraan pemerintah, dunia usaha, petani, dan masyarakat, serta kepemimpinan yang bertanggung jawab di tiap-tiap daerah.

"Tidak ada resep ajaib, jadi harus berpikir ke depan dan mau bekerja keras karena tanpa ketahanan pangan maka warganya tidak akan sejahtera apalagi mencapai suatu kualitas hidup," ucap SBY dalam acara yang digagas Pandu Tani Indonesia ini.