Gubernur Sumsel minta Kades maksimalkan pembangunan daerah

id gubernur sumsel, alex noerdin, sumatera selatan, asian games, pembangunan, infrastruktur

Gubernur Sumsel minta Kades maksimalkan pembangunan daerah

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Fenny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin minta kepada seluruh kepala desa untuk memaksimalkan pembangunan di daerah sehingga provinsi ini semakin berkembang dan maju serta terdepan.

Apalagi desa sebagai ujung tombak pembangunan sehingga peran serta kepala desa (Kades) sangat diharapkan, kata gubernur saat memberikan pengarahan dihadapan ratusan Kades di Palembang, Selasa.

Memang, lanjut gubernur, majunya pembangunan di Sumsel sangat tergantung dengan infrastruktur di desa.

Sumsel memiliki 2.861 desa dan bila semuanya pembangunan dengan baik maka daerah ini akan semakin maju, ujar dia.

Yang jelas, semua pembangunan tidak akan jalan tanpa adanya peran serta Kades, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, apalagi sekarang ini setiap desa mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan.

Dana tersebut harus dimanfaatkan untuk pembangunan yang menjadi skala prioritas di desa tersebut.

Bangunan dengan jalan, jembatan, air bersih atau kebutuhan yang menjadi prioritas masyarakat setempat supaya masyarakat semakin sejahtera.

Ini tujuan utama pembangunan supaya desa menjadi mandiri sehingga itu harus menjadi perhatian utama para Kades, kata dia.

Memang, kata dia, dana bantuan yang didapat tersebut 70 persen untuk pembangunan dan disisanya untuk operasional para Kades dan perangkatnya.

Oleh karena itu dengan adanya pertemuan ini diharapkan pembangunan yang dijalankan tepat sasaran sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tambah dia.