Kopertis Sumbagsel dorong PTS urus akreditasi institusi

id akreditasi, pts, kopertis, akreditasi institusi, banyak yang belum aktreditasi

...Hingga kini masih cukup banyak perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan Kopertis Wilayah II belum memperoleh akreditasi institusi atau pengakuan formal...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Koodinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II Sumbagsel meliputi Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, dan Bengkulu mendorong perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya tersebut mengurus akreditasi atau pengakuan formal institusi.

"Hingga kini masih cukup banyak perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan Kopertis Wilayah II belum memperoleh akreditasi institusi atau pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi," kata Koodinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Prof Diah Natalisa di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, berdasarkan data, tercatat ratusan perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya II belum memperoleh akreditasi institusi sebagai petunjuk pengakuan kompetensi terhadap suatu lembaga pendidikan dan memiliki fasilitas pendukung yang memadai.

"Hingga kini masih banyak PTS di Sumbagsel yang belum mendapatkan ekreditasi institusi, dari 216 PTS yang ada di lingkungan Kopertis Wilayah II, hanya 48 PTS telah mendapatkan akreditasi institusi," ujarnya.

Menurut dia, melihat masih banyaknya PTS di wilayah kerjanya belum mendapatkan akreditasi institusi, pihaknya mendorong rektor di lembaga pendidikan tinggi yang belum akreditasi itu untuk segera melakukan persiapan peningkatan falitas pendukung kegiatan belajar mengajar di kampusnya serta mengajukan berkas dan permohonan kepada pihaknya.

Sesuai ketentuan, PTS wajib mengurus akreditasi institusi dan program studinya, oleh karena itu jika tidak ingin mendapatkan sanksi sesuai dengan ketentuan seperti pembekuan izin operasional, tidak boleh mengeluarkan lulusan, dan larangan menerima mahasiswa baru, katanya.

Dia menjelaskan, perincian 216 PTS yang ada di lingkungan Kopertis Wilayah II tersebar di Provinsi Sumatera Selatan 108 PTS, Lampung 77, Bengkulu 16, dan di Bangka Belitung 15 PTS.

Sedangkan tenaga pengajar di PTS tersebut tercatat 9.053 orang dengan perincian 670 dosen berstatus Pegawai Negeri sipil (PNS), 6.171 dosen tetap yayasan, dan 2.256 dosen tidak tetap.

Sementara jumlah mahasiswa yang saat ini sedang mengikuti perkuliahan di lembaga pendidikan tinggi milik swasta di empat provinsi Sumbagsel itu mencapai 220.731 orang.

Secara umum PTS tersebut dinilai telah menjalankan tri darma pendidikan tinggi atau pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan baik, namun jika pada batas waktu tertentu belum juga mengurus akreditasinya akan diberikan sanksi tegas sesuai aturan, ujarnya.