APBD Ogan Komering Ulu 2016 Rp1,323 triliun

id dprd oku, paripurana dprd oku

APBD Ogan Komering Ulu 2016 Rp1,323 triliun

Gedung DPRD Ogan Komering Ulu (OKU) (Foto:antarasumsel.com/15/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan melalui paripurna mengesahkan APBD OKU tahun anggaran 2016 sebesar Rp1,323 triliun.

Pengesahan APBD Ogan Komering Ulu (OKU) tahun anggaran 2016 itu dilakukan melalui paripurna dipimpinan Pejabat Ketua DPRD OKU, Hj Indrawati dan dihadiri Penjabat Bupati, Maulan Aklil, serta SKPD dan unsur muspida lainnya di Baturaja, Senin.

Dikemukakan Indrawati, APBD OKU tahun anggaran 2016 sebesar Rp1,323 triliun itu mengalami defisit sebesar Rp134 miliar, karena belanja lebih besar ketimbang pendapatan.

"Salah satu dampak yang sangat dirasakan oleh daerah defisit anggaran selama dua tahun terahir ini, akibat terjadi pengurangan pembagian dana pusat ke daerah, seperti dana bagi hasil pajak/bukan pajak, dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK)," katanya.

Ia bersama pihak eksekutif berharap, APBD OKU 2016 sudah bisa digunakan pada Januari 2016, meski masih membutuhkan proses yang cukup panjang koreksi dan persetujuan Gubernur Sumsel.

Ia yakin, tahapan itu akan lebih cepat jika dikawal dan pihak ekskutif harus proaktif mendorong supaya APBD OKU prosesnya cepat dan bulan Januari nanti semua rencana sudah dimulai.

"Saya akan mendukung percepatan koreksinya di provinsi," kata penjabat Bupati OKU, Maulan Aklil menambahkan.

Ia menyatakan, sangat mengapresiasi kerja para wakil rakyat, terlebih lagi semangat kebersamaan pada pembahasan RAPBD OKU tahun anggaran 2016 begitu dirasakan dan menjadi kebanggaan.

Ia mengakui, awalnya ketika masuk ke OKU merasa tidak akan didukung oleh para anggota dewan.

Ternyata, praduga itu tidak terbukti sama sekali, dan merasakan begitu kuatnya jalinan kebersamaan antara eksekutif dan legislatif, hingga perbedaan pandangan, perbedaan warna pemikiran bisa disatukan dalam kesepakatan bersama, katanya.