TNI siagakan personel antisipasi banjir

id pangdam, purwadi mukson

TNI siagakan personel antisipasi banjir

Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson mengatakan telah menyiapkan personel untuk mendukung pemerintah dalam upaya antisipasi dan siaga banjir.

"Setelah kebakaran hutan dan lahan relatif sudah tertanggani, kini saatnya fokus pada antisipasi banjir. Sementara ini, Kodam sudah memetakan wilayah di Sumsel yang rawan banjir," kata Purwadi yang dijumpai di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Senin.

Ia mengatakan, selain menyiagakan personel, TNI juga menyiapkan logistis seperti perahu karet yang ada di beberapa satuan.

"Ini penting, untuk menjangkau kawasan-kawasan yang biasanya terendam air," kata dia.

Terkait dengan lokasi kebakaran hutan dan lahan, menurut Purwadi setelah seribu personel ini dikembalikan maka kembali menjadi tanggung jawab personel Kodam II/Sriwijaya.

Ia juga mengingatkan pihak terkait untuk memetik pelajaran berharga dari kejadian kebakaran hutan dan lahan pada tahun ini yang terbilang terparah dibandingkan tahun sebelumnya.

Para mitra pemerintah seperti korporasi harus ambil bagian dalam upaya pencegahan kebakaran, termasuk dalam mengedukasi masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Ke depan tentunya evaluasi, yakni bagaimana caranya agar bencana ini tidak terulang lagi tahun depan. Saya rasa pemerintah sudah membuat perencanaannya," kata Purwadi.