PTBA berikan beasiswa mahasiswa kurang mampu berprestasi

id ptba, bantuan beasiswa

PTBA berikan beasiswa mahasiswa kurang mampu berprestasi

Manager CRP PT Bukit Asam (PTBA), Novian Suri (Foto antarasumsel.com/Banu)

Muaraenim (ANTARA Sumsel) - PT Bukit Asam (Persero) Tbk melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR memberikan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi, khususnya bagi yang kurang mampu.

Senior Manager CRP PT Bukit Asam (PTBA), Novian Suri di Muaraenim Sumatera Selatan, Sabtu mengatakan komitmen program bantuan biaya pendidikan mahasiswa sekitar bukit asam (Bidiksiba) diselenggarakan sejak tahun 2010 hingga tahun 2015 sudah 93 orang mahasiswa yang menikmati fasilitas sekolah di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia.

Menurut dia, untuk setiap tahunya minimal 20 orang mahasiswa yang diberikan beasiswa untuk kuliah, dan diprogramkan tahun depan jumlah calon mahasiswa menerima beasiswa bisa bertambah.

Program bidiksiba ini dirasa sangat tepat, karena akan meninggkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Ia berharap, dengan SDM yang baik tentunya para mahasiswa setelah lulus akan bisa membaktikan ilmunya untuk membangun Kabupaten Muaraenim.

Sementara, dalam program bidiksiba manajemen PTBA terus mendukung dan mengevaluasi untuk meningkatkan program ini ke depan, kata Novian.

Mengenai perkembangan penerimaan calon mahasiswa melalui program ini, menurut dia, sejak pelaksanaannya tahun 2010 sebanyak empat orang mahasiswa diterima di Institut Pertanian Bogor, tahun 2011 juga ada empat orang mahasiswa diterima di IPB, tahun 2012 sebanyak 20 orang mahasiswa diterima di IPB serta satu orang dari Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Palembang.

Selanjutnya, pada tahun 2013 ada 19 orang mahasiswa diterima di Universitas Sriwijaya dan tiga orang masuk Universitas Islam Negeri. Begitu juga pada tahun 2014 ada 17 orang mahasiswa yang masuk Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.

Dikatakannya, tahun 2015 ada 20 orang mahasiswa Politenik Negeri Sriwijaya dan lima orang mahasiswa Polinema Malang, mereka didukung dengan program bidiksiba PTBA.

Total seluruh mahasiswa warga ring satu PTBA yang telah didukung program bidiksiba ada sebanyak 93 orang.

Sementara, dari total mahasiswa tersebut ada tiga yang sudah lulus dan bekerja, serta satu orang mendapat beasiswa melanjutkan ke S3, dan pada Desember 2015 hingga Januari nanti ada empat orang mahasiswa program bidiksiba diwisuda, katanya.

Diharapkan, para mahasiswa penerima manfaat program bidiksiba dapat selesai kuliah tepat waktu, bisa bekerja atau berwirausaha, membantu ekonomi keluarga dan membangun Kabupaten Muaraenim.