Lurah programkan tebus raskin dengan sampah

id sampah, bank sampah

Lurah programkan tebus raskin dengan sampah

Ilustrasi - bank sampah (FOTO ANTARA)

Muaraenim (ANTARA Sumsel) - Lurah Air Lintang Kecamatan Kota Muaraenim Sumatera Selatan, Lilis Murayani memprogramkan membayar jatah pembagian beras miskin ditebus dengan sampah.

Lurah Air Lintang, Kabupaten Muaraenim, Lilis Murayani, Jumat mengatakan program membayar jatah beras untuk warga miskin dengan sampah merupakan upaya untuk turut serta masyarakat mewujudkan visi misi Kabupaten Muaraenim menuju moto SMAS (Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera).

Ia mengakui, meski alokasi dana untuk kelurahan terbilang minim, bukan berarti harus berpangku tangan.

Dengan semangat dan keterlibatan masyarakat Kelurahan Air Lintang tercetus ide program membayar atau menebus beras keluarga miskin dengan sampah yang disalurkan melalui bank sampah.

Menurut dia, program tersebut diluncurkan menandakan salah satu potensi yang bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis bukan hanya wilayah saja, tetapi sampah di masing-masing daerah menjadi masalah juga bisa dijadikan bermanfaat dan berkah, seperti membayar beras miskin.

Selain itu, jika selama ini kebersihan dan kesehatan menjadi tugas instansi terkait, maka dengan program ini masyarakat melalui petugas bank sampah turut berperan aktif membantu instansti terkait.

"Kita sudah ada petugas pengelola bank sampah yang dibentuk melalui SK Lurah. Kita juga telah membuat tempat pemilahan sampah terpadu," katanya.

Terkait dengan program tersebut, pihak kelurahan setempat juga telah mendaftarkan sebanyak 131 rumah tangga sasaran (RTS) beras miskin menjadi nasabah bank sampah.

Sebanyak 131 RTS ini, selain sebagai anggota juga menjadi bagian pengelola bank sampah, ujarnya.

Ia berharap, akan muncul ide-ide cemerlang mengatasi masalah sampah dan menjadikan sebagai bahan ekonomis yang dapat bernilai.

Ke depan pihak kelurahan setempat sudah merencanakan sampah akan dijadikan bernilai, sehingga warga khususnya yang menjadi anggota bank sampah untuk membayar rekening listrik, katanya.