Conocophillips alokasikan dana CSR Rp13 miliar

id conocophillips, migas, minak dan gas bumi, salurkan dana csr, csr, tanggung jawab sosial

Conocophillips alokasikan dana CSR Rp13 miliar

Ilustrasi - Kegiatan pengeboran migas.(Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Dana CSR itu sebagian besar telah disalurkan kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional yang telah menghasilkan migas serta yang masih dalam proses eksplorasi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - ConocoPhillips pada 2015 ini mengalokasikan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau "Corporate Social Responsibility (CSR)" kepada masyarakat di Sumatera Selatan dan sejumlah daerah lain sekitar wilayah operasional perusahaan minyak dan gas bumi itu sebesar Rp13 miliar.

Dana CSR itu sebagian besar telah disalurkan kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional yang telah menghasilkan minyak dan gas bumi (migas) serta yang masih dalam proses pencarian atau eksplorasi, kata Vice President Development and Relations ConocoPhillips Indonesia Joang Laksanto pada acara pelatihan dan sosialisasi kegiatan industri hulu migas kepada wartawan di Palembang, Senin.

Menurut dia, pihaknya berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat dan daerah di setiap wilayah operasional baik dalam tahap eksplorasi yang bisa menghabiskan banyak uang perusahaan hingga sepanjang berlangsungnya kegiatan produksi.

Keberadaan ConocoPhillips pada suatu daerah diupayakan langsung berkontribusi untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sejak dimulainya kegiatan industri hulu migas itu.

Kegiatan industri hulu migas terutama pada tahap eksplorasi yang membutuhkan biaya miliaran rupiah tidak ada jaminan langsung memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Meskipun dalam kondisi belum ada kepastian memberikan keuntungan bagi perusahaan, sejak dimulainya proses persiapan kegiatan eksplorasi, pihaknya telah memberikan perhatian kepada masyarakat.

Untuk menyalurkan dana CSR, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sehingga bisa benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran, kata Joang.

Sementara Kepala Urusan Media SKK Migas Ryan B Wurjantoro pada kesempatan itu menambahkan, pihaknya berupaya mendorong perusahaan yang melakukan kegiatan industri hulu migas melakukan program tanggung jawab sosial dengan baik sesuai dengan ketentuan.

Untuk mendorong program tanggung jawab sosial perusahaan migas berjalan dengan baik, pihaknya tidak hanya mengendalikan kegiatan industri hulu tetapi juga mengawasi secara ketat pelaksanaan program dan penyaluran dana CSR, kata dia pula.