Gerindra: kader membelot dari dukungan dicopot

id gerindra, partai gerindra

Gerindra: kader membelot dari dukungan dicopot

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Kader Partai Gerindra yang membelot dari dukungan calon kepala daerah yang telah disetujui pimpinan pusat akan dipecat, karena tidak loyal dan membangkang dari partai.

Setiap calon kepala daerah yang sudah diusung dan didukung oleh induk partai harus bertanggung jawab untuk memenangkannya, kata Ketua DPC Gerindra Kabupaten Musirawas Rr Dinatri, di Musirawas, Senin.

Ia menegaskan bila ada kader mulai lapisan bawah hingga memegang jabatan dalam partai, diketahui membelot terhadap calon kepala daerah yang tidak didukung partai akan dikenakan sanksi tegas.

Hal itu dikemukakannya setelah mendapat informasi ada beberapa kader di tingkat kecamatan dan ranting desa terindikasi akan mendukung calon kepala daerah di luar dukungan pusat.

"Kita sudah satu bahasa dan merapatkan barisan mendukung pasangan calon kepala daerah yang sudah ditetapkan induk partai, wajib untuk dimenangkan," ujarnya.

Hingga saat ini Partai Gerindra mulai dari tingkat bawah hingga ke pimpinan pusat tetap solid, namun bila ada kader yang membelot akan ditegakan aturan partai sesuai Anggaran dasar dan Rumah Tangga (AD/ART).

Khusus di Kabupaten Musirawas, calon kepala daerah yang didukung Partai Gerindra adalah pasangan Hendra Gunawan- Hj Suwarti, wajib dimenangkan untuk menunjukan kekuatan Partai Gerindra di wilayah itu masih solid, ujarnya.

Penanggungjawab pemenangan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Selatan Partai Gerindra Edhi Prabowo menegaskan akan memberikan sanksi tegas bila ada kader partainya yang membelot.

"Sesuai arahan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, bila ada kader yang berkhianat dalam memberikan dukungan kepada pasangan calon kepala daerah yang Gerindra usung harus ditindak tegas," katanya.

Ia mengatakan bila dalam Pilkada 9 Desember 2015 ada kader yang membelot sebelum hari pemilihan akan diberikan sanki tegas karena tak ada pilihan untuk memberikan efek jera pada kader yang kurang bertanggung jawab.

Sanksi yang akan diberikan terhadap kader membelot itu bisa sampai pada pemecatan dari keanggotaan bila terbukti tidak mematuhi keputusan partai.

"Keputusan partai jelas, yakni mengusung Hendra Gunawan dan Hj Suwarti untuk maju dalam Pemilukada Kabupaten Musirawas Desember 2015,"tegasnya.

Kepada seluruh kader dan simpatisan Partai Gerindra Kabupaten Musirawas manfaatkan potensi massa dan basis yang ada untuk berjuang memenangkan pasangan calon yang diusung partai, katanya.