Dua maskapai layani rute Lubuklinggau-Jakarta

id lubuklinggau, maskapai, pesawat, penerbangan, bandara, bandara silampari

Dua maskapai layani rute Lubuklinggau-Jakarta

Bandara Silampari Lubuklinggau (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air awal Januari 2016 akan melayani rute Jakarta-Lubuklinggau secara rutin, sedangkan saat ini penerbangan di daerah itu dilayani Nam Air dua kali sehari.

Kepala Satuan Pelayanan Bandar Udara (Bandara) Silampari, Kota Lubuklinggau Makmur Sitorus, Minggu membenarkan kedua maskapai nasional itu akan membuka rute penerbangan pada tahun 2016.

Ia mengatakan rencananya PT Garuda Indonesia akan melakukan penerbangan perdana pada awal Januari 2016 dan Lion Air pada akhir tahun dengan menggunakan pesawat Boeing 737 berkapasitas 200 kursi.

Bandara Silampari yang dikelola Kementerian Perhubungan tengah melakukan persiapan perluasan landasan serta sarana lainnya sesuai kebutuhan kedua maskapai tersebut.

Salah satu sarana yang akan dirampung pada 2015 adalah pembangunan menara pengawas dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dibangun pemerintah kota Lubuklinggau.

Dengan adanya sarana tersebut akan memudahkan pengawas bandara dalam memberikan informasi kepada maskapai yang telah membuka rute ke wilayah itu.

Ia menjelaskan Bandara Silampari saat ini memiliki runway (landasan pacu) sepanjang 2.250 meter dan sedang dilakukan proses pembangunan pelebaran landasan dari 30 meter menjadi 45 meter sekalgus menaikan status bandara tersebut menjadi kelas tiga.

Sedangkan perluasan terminal penumpang serta adanya pembangunan Air Traffic Control (ATC) sebagai pusat pemantauan cuaca diharapkan selesai tepat waktu karena salah satu syarat kenaikan status tersebut.

Bandara status kelas satu terletak di ibu kota provinsi, kelas dua di ibukota atau kabupaten strategis dan kelas tiga terletak di ibukota yang belum ramai tapi menjangkau beberapa daerah terdekat seperti Kota Lubuklinggau.

Pada 2018 Bandara silampari direncanakan akan menjadi embarkasi haji yang akan mengcover sepuluh daerah terdekat, hal itu didukung anggota DPR-RI asal daerah setempat, ujarnya.

Anggota DPR RI asal Lubuklinggau Fauzi H Amro beberapa hari lalu mengungkapkan Bandara Silampari, Lubuklinggau, pada Maret 2016 akan meningkat status menjadi kelas tiga karena pembangunannya terus meningkat.

"Kami akan perjuangkan untuk kemajuan Bandara Silampari itu yang awalnya non status dan akan meningkat menjadi status kelas tiga," jelasnya.

Selain itu pada 2018 Bandara Silampari menjadi embarkasi haji yang melputi sepuluh daerah terdekat, dengan membutuhkan anggaran sekitar Rp130 miliar termasuk perluasan sisi udara dan darat.