Pemprov upayakan sektor pariwisata berikan kontribusi PAD

id gubernur sumsel, alex noerdin, pemprov sumsel, pariwisata, pendapatan daerah, pad

Pemprov upayakan sektor pariwisata berikan kontribusi PAD

Ilustrasi - Wisatawan domestik mengunjungi Festival Lampion di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Sumsel. (ANTARA FOTO/Yahanan Sulam/15/Den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya agar sektor pariwisata dapat memberikan kontribusi pendapatan asli daerah yang ada di provinsi tersebut.

"Selain itu membuka peluang kerja dengan masuknya investasi di bidang perhotelan dan restoran," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, pada tahun 2016 Kementerian Pariwisata akan membuka politeknik pariwisata di Kota Palembang.

Hal ini juga akan berdampak dengan tersedianya sumber daya manusia bidang pariwisata yang berkompeten sehingga masyarakat Sumsel dapat bersaing dengan daerah lain, katanya.

Ia mengatakan, untuk penyelenggaraan kegiatan pekan budaya nasional pada tahun 2016, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar kegiatan itu dapat diselenggarakan di Sumsel.

Momentum itu sekaligus menuju perhelatan akbar Asian Games tahun 2018 dimana hal ini juga akan berdampak pada promosi budaya dan wisata yang ada di Sumsel, ujarnya.

Sementara mengenai pandangan bahwa anggaran yang dialokasikan untuk sektor pariwisata masih jauh dari harapan, ia menjelaskan, bahwa akibat keterbatasan APBD mengakibatkan alokasi untuk sektor pariwisata menjadi tidak dapat dimaksimalkan.

"Akan tetapi, hal tersebut menjadi tantangan bagi kita untuk mengupayakan sumber-sumber pendanaan lain di luar APBD," tuturnya.