PU buka jalan baru Desa Gunung Meraksa

id jalan, jalan baru

PU buka jalan baru Desa Gunung Meraksa

Pembangunan jalan desa (Foto: antarasumsel.com/Evan)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan telah membuka akses jalan baru di Desa Gunung Meraksa, dalam rangka membantu warga khususnya petani mengangkut hasil kebun untuk dijual ke pasar.

"Kami sangat terbantu sejak pembukaan jalan karena bisa dilewati menggunakan kendaraan mengangkut hasil kebun," kata Lukman (41) salah seorang petani di Desa Gunung Meraksa Kecamatan Ulu Ogan di Baturaja, Minggu.

Dikatakannya, sebelum dibukanya akses jalan yang hutan belantara tersebut, petani kesulitan mengangkut hasil kebun karena hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

"Sekarang setelah dibuka akses jalan baru sejak awal 2015 itu mengangkut hasil kebun lebih cepat bisa menggunakan motor dan mobil," katanya.

Sementara tokoh masyarakat Desa Gunung Meraksa, Sumarno (58) menambahkan warga di wilayah itu sangat terbantu sejak dibukanya akses jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) OKU dalam mengangkut hasil kebun lebih mudah dan para pelajar cepat sampai ke sekolah.

"Meskipun kondisi jalan masih tanah belum diaspal, tapi warga desa kami sangat berterima kasih kepada pemerintah setempat," ungkapnya.

Menurut dia, walau pembangunan hanya berupa tanah namun informasi yang didapat dalam waktu dekat Dinas PUBM OKU akan melakukan pengaspalan di jalan yang menghubungkan beberapa desa, yakni Desa Gunung Liwat, Surau, Muara Sae, Lontar dan Desa Kemala Jaya tersebut.

"Informasinya nanti dinas terkait merencanakan meningkatkan jalan menjadi jalan beton. Sedangkan daerah sawah akan dibuat talud guna penahan tanah dan bangunan pelengkap lainnya," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten OKU, Hilman melalui Sekretaris Yuni Marza saat dikonfirmasi secara terpisah mengatakan pembangunan jalan baru dengan membuka hutan belantara di Desa Gunung Meraksa dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat setempat khususnya mempermudah petani mengangkut hasil kebun.

Dikemukakannya, pada tahun anggaran 2015 pihaknya menargetkan akan meningkatkan jalan yang masih kondisi tanah tersebut menjadi cor beton, mengingkat akses perlintasan itu merupakan penghubung beberapa desa yakni Desa Gunung Liwat, Surau, Muara Sae, Lontar dan Desa Kemala Jaya.

"Mudah-mudahan usulan kami melalui rapat paripurna DPRD OKU untuk meningkatkan jalan menjadi cor beton disetujui agar masyarakat lebih mudah melintasinya," ujarnya.