Sebagian wilayah Sumsel mulai memasuki musim hujan

id cuaca, bmkg, bmkg kenten, bmkg sumsel, indra purnama, indra, musim hujan, pancaroba, memasuki musim hujan

Sebagian wilayah Sumsel mulai memasuki musim hujan

Kasi Data dan Informasi Staklim Kenten BMKG Sumsel Indra Purnama. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

...Sekarang ini 11 daerah mulai memasuki musim hujan sedangkan enam daerah lainnya masih mengalami musim peralihan atau pancaroba...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Sumatera Selatan memprakirakan pada pertengahan November 2015 ini sebagian besar wilayah provinsi yang memilki 17 kabupaten dan kota itu mulai memasuki musim hujan.

"Sekarang ini 11 daerah mulai memasuki musim hujan sedangkan enam daerah lainnya masih mengalami musim peralihan atau pancaroba. Daerah yang mengalami pancaroba diprakirakan pada dasarian II (rentang waktu kedua) 11-20 November 2015 mulai memasuki musim hujan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumatera Selatan Indra Purnama, di Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan, 11 daerah yang mulai memasuki musim hujan seperti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, Lahat, Pagaralam, Empatlawang, Lubuklinggau, Musirawas, Musirawas Utara, Muaraenim, dan Musi Banyuasin.

Sedangkan enam daerah yang masih mengalami musim peralihan dari kemarau ke musim hujan yakni Kota Palembang, Prabumulih, Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Martapura, dan Muaradua, katanya.

Menurut dia, berdasarkan pemantauan melalui satelit cuaca, pada November ini curah hujan di wilayah provinsi berpenduduk sekitar 8,6 Juta jiwa itu mengalami peningkatan cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya.

"Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca, pada bulan ini curah hujan berada pada angka sesuai dengan musim hujan hingga 200 milimeter lebih," ujarnya.

Melihat intensitas curah hujan mengalami peningkatan yang cukup tinggi, diimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewaspadai timbulnya bencana dampak musim hujan.

Dengan kewaspadaan yang tinggi, diharapkan dapat dihindari timbulnya bencana dampak musim hujan seperti banjir dan tanah longsor yang dapat menimbulkan kerugian harta benda dan korban jiwa, kata Indra Purnama.