Gubernur: jalan Prabumulih-Baturaja diupayakan perbaikan

id jalan, jalan rusak

Gubernur: jalan Prabumulih-Baturaja diupayakan perbaikan

Perbaikan jalan di OKU (Foto Antarasumsel.com/15/E Purmana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan ruas jalan Prabumulih menuju Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu telah diupayakan perbaikannya secara maksimal dengan dana yang ada.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyampaikan hal itu pada rapat paripurna di Palembang, Jumat menanggapi pertanyaan anggota DPRD terhadap pemandangan umum fraksi tentang APBD 2016.

Menurut dia, dana untuk perbaikan jalan itu pada tahun anggaran 2014-2015 yakni sebesar Rp15 miliar.

"Meskipun kami menyadari bahwa jumlah tersebut tidak sebanding dengan fungsional jalan sepanjang 68 kilometer," katanya.

Ia mengatakan, untuk memaksimalkan penanganannya maka pada tahun anggaran 2016 ruas jalan tersebut telah beralih dari jalan provinsi menjadi jalan negara.

Sementara mengenai keterlambatan pembangunan daerah irigasi Lintang Kiri Kabupaten Lahat, ia menjelaskan, daerah irigasi Lintang Kiri merupakan wewenang pusat, karena memiliki luas di atas 3.000 ha.

Setelah dikoordinasikan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, daerah irigasi Lintang Kiri berada dalam penanganan mereka yang lokasinya terletak di Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam yang pembangunannya dilaksanakan dengan multiyear.

"Saat ini baru sebagian yang telah dibangun yakni di Kabupaten Lahat, sedangkan sebagian lagi di bagian hulu di Kota Pagaralam belum dibebaskan, karena hasil penilaian kantor jasa penilai publik belum sesuai dengan kehendak masyarakat," katanya.