Legislator sayangkan Sumsel tak dapat DAK kesehatan

id dprd sumsel, kesehatan, dana alokasi khusus, dinas kesehatan, Bappenas, komisi v

Legislator sayangkan Sumsel tak dapat DAK kesehatan

Ilustrasi - Layanan kesehatan (Foto Antarasumsel.com/Fenny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan menyayangkan kalau daerah itu tidak mendapatkan dana alokasi khusus bidang kesehatan pada tahun 2016, padahal sangat diperlukan.

"Kami melakukan kunjungan kerja ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menanyakan dana alokasi khusus (DAK) bidang kesehatan," kata Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan, Rizal Kenedi di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dari kunjungan kerja ke Bappenas itu pihaknya mendapatkan informasi ada dana alokasi khusus (DAK) pada 2014 untuk bidang kesehatan di kabupaten dan kota di Sumsel.

DAK bidang kesehatan itu ada tiga item yakni pelayanan kesehatan dasar, kemudian pelayanan kesehatan rujukan dan pelayanan kefarmasian, katanya.

Ia mengatakan, pada tahun 2016 nanti untuk DAK bidang kesehatan Sumsel tidak ada, karena itu pihaknya sangat menyayangkannya.

"Sangat disayangkan tidak ada anggarannya, padahal itu membantu sekali dalam meningkatkan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Ia menyatakan, sekarang ini untuk APBN tahun 2016 sudah ketok palu, karena itu salah satu upaya yang bisa dilakukan memperjuangkannya pada APBN perubahan 2016.

"Kita berharap, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk mencari terobosan ke pusat supaya daerah mendapat anggaran dari pusat," tuturnya.

Ke depan agar SKPD-SKPD yang menjadi mitra kerja komisi itu bagaimana mencari terobosan supaya Sumsel mendapat bantuan anggaran dari pemerintah pusat, katanya.