Debat kandidat calon bupati berjalan lancar

id kpu, kpu musirawas

Debat kandidat calon bupati berjalan lancar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Debat kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati dua kabupaten yakni Musirawas dan Musirawas Utara berjalan lancar meskipun lokasinya berbeda, namun masyarakat merasa puas untuk menentukan pilihannya.

Ketua KPU Kabupaten Musirawas, Ach Zain, Kamis mengatakan pada debat politik yang dilaksanakan, Selasa (10/11) itu seluruh pasangan calon bupati, penonton dan pendukung telah memenuhi syarat ditentukan.

"Sebelumnya kami sudah mensosialisasikan 13 poin tata tertib yang harus dipatuhi para peserta, penonton dan simpatisan para calon, untuk menghindari perbuatan anarkis dari pendukung," katanya.

Panitia saat itu mengkhawatirkan pelaksanaan debat kandidat di Kabupaten Musirawas Utara, karena melihat dari kampanye sebelumnya terdapat silang pendapat antara pendukung.

Namun dalam pelaksanaannya berjalan lancar, aman dan tertib, apa lagi debat calon bupati di dua kabupaten itu dilakukan serentak dalam satu hari.

Debat politik di Kabupaten Musirawas Utara dilaksanakan pagi hari di gedung DPRD setempat, sedangkan sore harinya digelar debat pasangan calon bupati kabupaten induk Musirawas di depan kantor KPU Muara Beliti.

Ia mengatakan, ke 13 syarat itu antara lain peserta debat wajib hadir satu jam sebelum pelaksanaan dan pendukung diingatkan ketika memasuki ruangan debat dilarang membawa atribut kampanye, membawa narkotika, minuman keras, senjata tajam dan sejata api.

Sedangkan wartawan kru televisi dan radio menempati posisi yang disediakan panitia dan menggunakan ID Card dari panitia.

Para peserta pasangan calon yang ikut debat politik itu sepakat tidak saling menghujat dan betul-betul menjelaskan visi dan misi untuk membangun masing-masing daerah lima tahun kedepan.

Keberhasilan debat itu tak lepas dari ketatnya pengamanan aparat kepolisian, TNI dan satpol PP yang sudah disiagakan, di samping kedewasaan para kandidat dalam merebut hati calon pemilihnya.

Pasangan calon bupati yang ikut dalam debat itu tiga pasang dari Kabupaten Musirawas Utara yaitu pasangan nomor urut 1, H Akisropi Ayub-Andi Wijaya, nomor urut 2, Khairul Alamsyah-Hj Siti Nurizka, serta nomor urut 3 H M Syarif Hidayat-Devi Suhartoni.

Sedangkan pasangan bupati dan calon wakil bupati Musirawas teradiri atas pasangan nomor urut 1 Hj Ratna Mahmud-Zabur Nawawi, nomor urut 2 Hendra Gunawan-Hj Suwarti dan nomor urut 3 Zulkarnain -Hj Ratnawati.

Calon Bupati Musirawas, Hendra Gunawan mengatakan dalam mengikuti debat kandidat itu, dirinya tidak mempunyai persiapan khusus karena visi dan misi yang akan disampaikan selalu disampaikan saat melakukan kampanye dialogis.

"Dalam acara debat itu kita biasa-biasa saja karena semua visi dan misi sudah disampaikan secara rutin pada masyarakat sebelumnya, namun tetap masih melakukan silaturahim untuk mendengarkan harapan masyarakat," ujarnya.

Sementara calon Bupati Musirawas Utara, Syarif Hidayat mengatakan dalam pelaksanaan debat kandidat itu paling sportif karena bisa menyampaikan dan memaparkan visi dan misi di depan kandidat lain dan masyarakat umum.

"Saya sudah menjelaskan konsep dan metode pemerintahan sesuai dengan visi dan misi yakni mewujudkan masyarakat mandiri," ujarnya.