KPU Musirawas sosialisasikan pilkada pada pemilih pemula

id kpu musirawas, komisi pemilihan umum, calon bupati, pilkada, pilkada musirawas, panwaslu, pemilih pemula

KPU Musirawas sosialisasikan pilkada pada pemilih pemula

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

....Sosialisasi itu beragam jenisnya antara lain melalui media cetak, baliho dan sepanduk, sehingga pemilih pemula itu bisa dengan cerdas mencari kepala daerah lima tahun ke depan....
Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan menyosialisasikan pilkada kepada pemilih pemula agar cerdas menyalurkan hak pilihnya.

Sosialisasi itu beragam jenisnya antara lain melalui media cetak, baliho dan sepanduk, sehingga pemilih pemula itu bisa dengan cerdas mencari kepala daerah lima tahun ke depan, kata Komisioner KPU Musirawas Dasril Ismail, di Musirawas, Jumat.

Ia mengatakan sosialisasi dilakukan agar pemilih pemula bisa memahami dan mengerti calon kepala daerah yang akan dijadikan bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2015.

Hal itu terbukti saat melakukan sosialisasi kepada beberapa sekolah menengah atas di wilayah itu, banyak sekali siswa kelas XII bertanya seputar pelaksanaan pemungutan suara tanggal 9 Desember 2015.

"Sasaran kita melakukan sosialisasi khusus pada pemilih pemula, sesuai dengan aturan PKPU nomor 5 Tahun 2015 bahwa pemilih pemula sangat rentan tidak menggunakn hak suaranya pada pilkada," jelasnya. 

Dari hasil sosialisasi ke sekolah-sekolah itu sebagian besar para siswa akan memilih pemimpin melihat visi dan misinya dan program yang ditawarkan pasangan calon untuk masyarakat, bukan mereka memilih hadiah atau sejumlah uang.

Dari visi dan misi pasangan calon kepala daerah itu, para siswa bisa mengetahui latar belakang pasangan calon yang akan dipilih menjadi kepala daerah lima tahun kedepan.

Ia mengharapkan para pemilih pemula itu bisa mampu mengajak keluarganya dan masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilih pada saat pemungutan suara 9 Desember 2015, dengan menggunakan hati nurani.

"Kita mengharapkan para pemilih pemula menjadi motivator bagi masyarakat untuk cerdas dalam memilih calon kepala daerah yang berkualitas," ujarnya.