Pengiriman mobil melalui Pelabuhan Palembang meningkat

id pelabuhan, pelabuhan boom baru, pt pelindo ii, bongkar muat

Pengiriman mobil melalui Pelabuhan Palembang meningkat

Aktivitas terminal konvensional non peti kemas di pelabuhan sungai Bom Baru Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pengiriman mobil dari Jakarta Sumatera Selatan melalui Pelabuhan Boom Baru, Palembang akhir-akhir ini meningkat.

Salah seorang pedagang mobil Rizal di Palembang, Kamis menjelaskan, pelayanan jasa bongkar muat mobil yang dikembangkan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Palembang pada Agustus 2013 dirasakan cukup efisien sehingga pengiriman mobil melalui jalur laut merningkat.

Dalam beberapa bulan terakhir, pengiriman mobil dari Jakarta ke Palembang yang biasanya rata-rata satu kali namun kini bisa dua kali dalam sebulan dengan jalur laut.

Meningkatnya pengiriman mobil melalui jalur laut itu, karena para pedagang mobil yang selama ini menggunakan angkutan darat kini sebagian besar beralih jasa angkutan laut, katanya.

Menurut dia, secara bertahap pengiriman mobil melalui jalur darat mulai dikurangi.

Pengiriman mobil melalui jalur darat membutuhkan biaya sedikit lebih mahal dari melalui jalur laut dan pengiriman tidak bisa dilakukan dalam jumlah banyak sekaligus karena terbatas tenaga pengantar.

Dengan angkutan laut, pengiriman mobil minimal satu kali dalam sebulan itu, permintaan kendaraan roda empat jenis sedan, minibus, dan kendaraan niaga dapat dipenuhi dengan cepat, ujarnya.

Sebelumnya, Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang, Fransiska mengatakan, pelayanan jasa bongkar muat mobil yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir, cukup diminati pedagang mobil di daerah ini.

"Pelayanan jasa bongkar muat kendaraan roda empat itu cukup diminati, setiap bulannya sekitar 400 unit mobil berbagai jenis dan merek dikirim dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Boom Baru menggunakan kapal jenis roro," ujarnya

Kegiatan bongkar muat mobil tersebut merupakan pengembangan pelayanan jasa kepelabuhan di Pelabuhan Boom Baru, Palembang yang selama ini hanya melayani bongkar muat barang kargo, kontainer atau peti kemas, serta barang lain nonkendaraan.

Pelayanan jasa bongkar muat mobil tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik sehingga bisa semakin diminati pedagang mobil, dan berkembang dengan pelayanan bongkar muat barang lainnya seperti sepeda motor yang hingga kini masih menggunakan jalur darat dengan truk, ujar Fransiska.