KPU minta Pemkab cairkan dana Pilkada

id kpu, kpu sumsel

KPU minta Pemkab cairkan dana Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Musirawas Utara (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, minta kepada Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara, mencairkan dana Pilkada 2015 yang dianggarkan sebesar Rp25 miliar.

Hingga saat ini dana tersebut baru dicairkan sekitar 50 persen, sedangkan kegiatan dan tahapan Pilkada makin banyak dan memerlukan biaya, kata Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan, Heny Susantih, Rabu.

Ia mengatakan, naskah nota perjanjian hibah daerah (NPHD) yang disepakati Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara sebesar Rp25 miliar, namun hingga saat ini belum seluruhnya dicairkan, sedangkan NPHD sampai sekarang belum ada perubahan dan tak ada istilah pemangkasan.

KPU Sumsel untuk menyelenggarakan Pilkada Kabupaten Musirawas Utara dengan serius telah melakukan tahapan demi tahapan mensukseskan pesta demokrasi perdana di wilayah itu.

Akibat terlambatnya dana itu cair, maka sosialisasi terkait Pilkada di Kabupaten Musirawas Utara sangat minim, apalagi dalam waktu dekat akan dilakukan debat politik pasangan calon.

Belum lagi pembiayaan kertas suara serta kelengkapan logistik di Tempat Pemungutan Suara (TPS), walaupun demikian pihaknya tetap menjalankan tahapan sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Hari pencoblosan semakin dekat, tapi anggaran tidak ada kejelasan dan terkesan Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara kurang serius," katanya.

Untuk menyikapi permasalahan itu pihaknya beserta komisioner lainnya sudah berdialog dengan DPRD dan Pemkab Musirawas Utara.

"Suksesnya Pilkada itu bukan hanya di tangan KPU, tapi peran pemeritah setempat juga merupakan faktor penting demi kelancaran pesta demokrasi mendatang di wilayah itu," ujarnya.

Salah seorang anggota DPRD Kabupaten Musirawas Utara, I Wayan Kocap belum mau berkomentar dan berjanji akan mempelajari masalah anggaran Pilkada itu.